PENA '98 Bikin Merinding, Pamerkan 300 Momen Runtuhnya Orde Baru

Peristiwa  SELASA, 08 MEI 2018 , 12:47:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

PENA '98 Bikin Merinding, Pamerkan 300 Momen Runtuhnya Orde Baru

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Persatuan Nasional Aktivis (Pena) '98 memperingati 20 tahun gerakan reformasi lewat pameran foto di Medan. Pada pameran foto yang digelar di AMIK MBP, Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan tersebut, mereka memajang 300 foto yang menggambarkan momen runtuhnya rezim orde baru sebagai dampak dari aksi massif mahasiswa yang menuntut reformasi.

Para pengunjung dari kalangan mahasiswa mengaku merinding dengan beberapa aksi yang menunjukkan keberanian mahasiswa meskipun berhadapan dengan aparat TNI dan Polri. Tidak sedikit diantara foto tersebut yang memperlihatkan sikap represif aparat dalam menghalau aksi.

"Fotonya bikin merinding," kata seorang mahasiswi, Febrina Sembiring, Selasa (8/5).

Presidium Nasional PENA'98 Nicodemus Sitanggang mengatakan pameran foto yang mereka gelar ini merupakan sarana untuk mengingatkan betapa reformasi merupakan tonggak perubahan luar biasa di Indonesia. Bukan hanya kepada kalangan mahasiswa, namun mereka juga berharap seluruh lapisan masyarakat tetap mengingat momen bersejarah tersebut.

"Secara khusus untuk pemerintah, hingga saat ini kami terus mempertanyakan komitmen dalam penanganan kasus 98 yang menewaskan puluhan mahasiswa dan kami memperkirakan ribuan orang meninggal dalam proses itu," ujarnya.


Komentar Pembaca


The ads will close in 10 Seconds