Survey Mulai Berbalik, Kini Djoss Ungguli Eramas 5 Persen

Pilkada Sumut 2018  SABTU, 12 MEI 2018 , 15:14:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Survey Mulai Berbalik, Kini Djoss Ungguli Eramas 5 Persen

Foto/RMOL

RMOLSumut. Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nomor Urut 2, Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) mengungguli pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) dalam survei di media sosial, yang dilakukan di website http://pilkada.org/survey/
Amatan media ini, per hari Jumat tanggal 11 Mei 2018, pukul 09.30 WIB. Dalam survey tersebut pasangan Djoss 52,9% suara mengalahkan pasangan Eramas yang dipilih oleh 47,1% netizen.

Menanggapi hal ini, pegiat media sosial, Eko Marhaendy, menyatakan keunggulan ini sebagai titik kulminasi dari menguatnya partisipasi "undecided voter" yang mulai memberikan keputusan.

"Netizen itu kan bisa diklasifikasikan sebagai ‘pemilih cerdas,’ meski tidak bisa digeneralisir” jelasnya. Mereka lebih berpeluang melakukan analisa dan perbandingan karena banyak membaca dan menerima informasi," tambah Eko lagi.

"Berkaca pada Debat Publik Pilgub Sumut gelombang pertama, netizen melihat ada perbedaan signifikan antar Paslon. Pada debat pertama, Edy-Musa ingin mempertahankan tatanan Pemerintahan Sumut yang sudah ada, sementata Djarot-Sihar ingin melakukan perubahan sehingga urusan mudah dan transparan. Kondisi itu yang dipandang netizen bahwa Djarot-Sihar lebih membawa harapan baru dibanding Edy-Musa," jelas Eko.


Sebelumnya, 4 lembaga survey yang melakukan penelitian terhadap potensi kemenangan Pasangan Calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada Sumatera Utara, memperlihatkan bahwa elektabilitas Djarot-Sihar, terus mengalami peningkatan.

Hal ini berbeda dengan elektabilitas pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, yang sejak April cenderung mulai menunjukkan tren negatif. Dalam survey yang diumumkan lembaga riset PRC, elektabilitas DJOSS berada di angka 38,4 persen. Selisih 10,3 persen dengan ERAMAS yang berada di angka 48,7 persen.

Dan yang paling akhir hasil survey dari lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang diekspos oleh perwakilannya, Ade Mulyana, pada 27 April 2018, selisihnya ERAMAS vs Djarot-Sihar hanya tinggal 10%. [rgu]


Komentar Pembaca
Rocky Gerung - Pembangunan (Bag.5)

Rocky Gerung - Pembangunan (Bag.5)

KAMIS, 17 MEI 2018 , 20:00:00

Cawapres Prabowo Tunggu Sinyal Jokowi

Cawapres Prabowo Tunggu Sinyal Jokowi

KAMIS, 17 MEI 2018 , 15:00:00

Lobi Politik PDIP Percepat RUU Anti Terorisme