Asian Agri Serahkan SCR Ke Warga di Labuhan Batu

Sosial  MINGGU, 13 MEI 2018 , 21:03:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Asian Agri Serahkan SCR Ke Warga di Labuhan Batu

Foto/Ist

RMOLSumut. PT Hari Sawit Jaya, unit bisnis perusahaan Asian Agri, yang terletak di Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu menyerahkan bantuan seng sekaligus menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat Desa Sidomulyo.
Kedua kegiatan tersebut merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT HSJ - Asian Agri, dimana acara tersebut diadakan di Kantor Balai Desa Sidomulyo.

Kegiatan program CSR Asian Agri tersebut  dihadiri dan dibuka langsung Wakil Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT dan Muspika Bilah Hilir Camat, Koramil dan Polsek Bilah Hilir, Kepala Puskesmas Bilah Hilir Anggiat Simanjuntak, serta Kepala Desa Sidomulyo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Kepemudaan dan masyarakat Sidomulyo.

Sementara mewakili perusahaan dihadiri oleh Head Sustainability Operation dan CSR Asian Agri, Welly Pardede, Group Manager PT HSJ Herman Sembiring, Manager Pabrik, Kebun, Koordinator CSR, Humas, Dokter Perusahaan, dan Staff perusahaan.

Bantuan seng diserahkan langsung oleh Group Manager PT HSJ kepada Kepala Desa Sidomulyo Sukri, disaksikan oleh Wakil Bupati, Head Sustainability Operation dan CSR Asian Agri, Muspika Bilah Hilir, serta undangan yang hadir. Sementara kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis PT HSJ bekerjamasama dengan Puskesmas Bilah Hilir. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa konsultasi dengan dokter dan pemberian obat, dengan target masyarakat berobat sebanyak 250 orang.

Dalam kata sambutannya, Kepala Desa Sidomulyo Sukri mengatakan, kepedulian PT HSJ terhadap warga sekitar melalui program CSR yang setiap tahun sudah dilakukan. "Saya mewakili pemerintahan desa dan masyarakat Sidomulyo berterimakasih kepada PT HSJ yang sudah peduli dengan masyarakat, yang dibuktikan dengan adanya program CSR setiap tahun yang dilakukan, seperti bantuan material pembangunan madrasah, pembinaan sekolah dasar, bantuan rumah ibadah, bantuan alat musik rebana, paket dhuafa dan tahun baru dan program CSR lainya," katanya.

Ia berterimakasi pada PT HSJ kembali melakukan program CSR-nya yaitu bantuan seng untuk masyarakat sebanyak 2500 lembar dan pemeriksaan kesehatan gratis. "Saya berharap hubungan perusahaan dan masyarakat bisa berjalan dengan baik, walaupun berbeda pendapat itu pasti ada, tetapi keharmonisan harus tetap kita jaga," katanya.

Sementara itu, Head Sustainability Operation dan CSR Welly Pardede mengatakan, Asian Agri dalam menjalankan operasionalnya selalu berkomitmen melaksanakan Program CSR untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Bantuan seng ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap rumah warga yang atapnya sudah usang atau bocor. Sementara pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk membantu masyarakat lebih mudah dan dekat dalam mengetahui kesehatannya," ujar Welly.

Program  program CSR Asian Agri, kata Welly, disusun atau direncanakan setiap pertengahan tahun, dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitar yang dilakukan secara partisipatif, dengan melibatkan penerima manfaat langsung, pemerintahan desa dan stake holder lainnya.

"6 tahun terakhir, Asian Agri juga sangat fokus terhadap pembinaan petani swadaya yang berada di sekitar perusahaan, dimana masyarakat diarahkan pada pola budidaya teknis kelapa sawit yang baik dan benar, pengeolaan organisasi petani, sehingga bisa meningkatkan produksi kelapa sawit petani,” kata Welly Pardede.

Wakil Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengatakan,  pemerintahan kabupaten mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang peduli terhadap warga sekitar Labuhanbatu.

"Saya sangat jarang menghadiri undangan penyerahan program CSR perusahaan, hal ini merupakan langkah maju untuk kita, dimana pemerintahan, perusahaan dan masyarakat bekerjasama. Saya mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang peduli terhadap masyarakat sekitar melalui Program CSR dan hal lainnya," katanya.

Saat ini, pemerintah juga sedang menyusun Perda CSR, agar Program CSR perusahaan bisa berjalan dengan baik. Program CSR perusahaan, PT HSJ yang dilakukan merupakan langkah maju perusahaan untuk masyarakat sekitar.

Wakil Bupati juga menambahkan, PT HSJ merupakan salah satu aset kita yang keberadaannya harus kita jaga, karena perusahaan telah memberikan peluang atau menyerap tenaga kerja. Masyarakat juga harus berperan aktif dalam menjaga kondisi lingkungan sekitar yang aman dan harmonis.

Dalam kesempatan tersebut sebelum meninggalkan lokasi kesgiatan, Wakil Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT dan Muspika. Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati bersama managemen perusahaan meninjau langsung proses pemeriksaan kesehatan masyarakat, seperti pemeriksaan tensi darah, cek gula darah, asam urat dan kolesterol serta konsultasi dokter.[rgu]

Komentar Pembaca
SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

RABU, 18 JULI 2018 , 19:00:00

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

RABU, 18 JULI 2018 , 15:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00