Bawaslu Sumut Larang Paslon Pasang Iklan Ramadhan

Pilkada Sumut 2018  SENIN, 14 MEI 2018 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Bawaslu Sumut Larang Paslon Pasang Iklan Ramadhan

Aulia Andri/RMOLSumut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara melarang pasangan calon yang maju di Pilkada serentak 2018 untuk memasang iklan maupun advetorial yang dikaitkan dengan masuknya Bulan Suci Ramadhan. Penegasan ini disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga, Bawaslu Sumut, Aulia Andri.

Menurutnya larangan ini diberlakukan mengingat penayangan iklan tersebut dianggap menjadi bagian dari kampanye mereka yang secara aturan memang sudah menjadi kewenangan dari KPU.

"Bawaslu Sumut menegaskan bahwa pemasangan iklan/advetorial ucapan Selamat menyambut Ramadhan, Ucapan Selamat berbuka puasa, ucapan selamat idul fitri dan ceramah/tausiyah oleh Paslon di Media elektronik (TV dan Radio) dan media cetak, DILARANG, Ingat ada ancaman pidana dan diskulaifikasi bagi Paslon," katanya kepada RMOLSumut.com, Senin (14/5).

Selain larangan kepada seluruh pasangan calon yang maju di Pilkada serentak 2018, hal ini menurutnya juga berlaku bagi seluruh partai politik pendukung. Akan tetapi untuk partai pendukung Aulia mempertegas bahwa hal ini mereka larang sepanjang penayangan iklan tersebut dikaitkan dengan keberadaan pasangan calon yang bertarung.

"Artinya kalau mereka memasang iklan dengan membawa nama partainya tidak masalah. Misalnya kami pengurus partai A mengucapkan selamat berbuka, itu boleh. Tapi kalau sempat ada disebut kami pendukung paslon si anu, itu tidak boleh," tegasnya.


Komentar Pembaca
Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00