Pelajar SMA Tebing Tinggi Pilih Aquafarm Sebagai Tempat Belajar Budidaya Ikan Air Tawar

Pendidikan  RABU, 16 MEI 2018 , 15:36:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Pelajar SMA Tebing Tinggi Pilih Aquafarm Sebagai Tempat Belajar Budidaya Ikan Air Tawar

Foto/Ist

RMOLSumut. Ratusan pelajar SMA Negeri IV Tebing Tinggi memilih Aquafarm Nusantara sebagai tempat mereka untuk mempelajari budidaya ikan air tawar. Standart tinggi dalam pola budidaya ikan air tawar yang diterapkan oleh perusahaan budidaya ikar air tawar terbesar di Indonesia ini menjadi alasan mereka menetapkan perusahaan tersebut sebagai tempat belajar yang tepat.
Lokasi yang mereka jadikan tempat mempelajari budidaya yakni pada unit pembenihan yang terletak di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

"Kami menganggap Aquafarm menjadi tempat paling representatif bagi siswa untuk menimba ilmu soal budidaya ikan air tawar. Ini semua siswa jurusan IPA kelas X dan XI," kata Wakil Kepala Sekolah SMAN IV Tebing Tinggi, Rimmarita Purba.

Rimmarita menjelaskan dalam kunjungan mereka ini, para siswa tidak hanya dibekali materi tentang budidaya ikan. Namun mereka secara langsung dilibatkan dalam beberapa proses pembenihan dengan dipandu oleh para profesional pada unit pembibitan tersebut.

"Ini ilmu pengetahuan yang nyata bukan hanya sekedar teori, melihat langsung proses budidaya ikan," ungkapnya.

Pihak Aquafarm sendiri sangat antusias atas kedatangan ratusan siswa SMA tersebut. Dibawah pengarahan dari Asisten Manager Unit Pembenihan PT Aquafarm Nusantara, Khairuddin didampingi staf manajemen lainnya yakni Akhmad Syarifuddin Berutu, Syofyan Efendi dan Sahrial seluruh siswa langsung dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing terjun langsung dan terlibat dalam beberapa proses seperti kolam pemijahan dilanjutkan ke kolam pendederan dan kolam penampungan yang didampingi oleh staf produksi Rikaudin Budi, Suherman, dan Edi Utomo. Disana mereka mendapat penjelasan atas seluruh pertanyaan yang mereka sampaikan.

Para siswa selanjutnya diberi penjelasan secara utuh tentang tahapan proses pembenihan dan berbagai upaya yang dilakukan untuk menghasilkan benih unggul kualitas premium. Termasuk waktu pemeliharaan sebelum dikirim ke Unit Pembesaran Toba, dan cara budidaya ikan yang baik sesuai dengan prinsip budidaya perikanan yang bertanggung jawab. Selama proses berjalan para siswa aktif bertanya seputar proses budidaya yang dijawab secara lugas oleh Khairuddin dan tim.

Akhmad Syarifuddin Berutu, staf Humas Kantor Medan didampingi Koordinator Humas dan CSR area Sergai Syofyan Efendi dan Sahrial menyampaikan bahwa Aquafarm membuka ruang bagi siswa untuk belajar lapangan tentang budidaya perikanan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. "Semoga dengan kunjungan ini menambah keberkahan ilmu dan bermanfaat kepada anak didik, juga tentunya keberkahan bagi PT Aquafarm Nusantara," pungkasnya.[rgu]

Komentar Pembaca
Rocky Gerung - Pembangunan (Bag.5)

Rocky Gerung - Pembangunan (Bag.5)

KAMIS, 17 MEI 2018 , 20:00:00

Cawapres Prabowo Tunggu Sinyal Jokowi

Cawapres Prabowo Tunggu Sinyal Jokowi

KAMIS, 17 MEI 2018 , 15:00:00

Lobi Politik PDIP Percepat RUU Anti Terorisme