Generasi Muda Rentan Silau Dengan Ideologi Impor

Lifestyle  RABU, 06 JUNI 2018 , 16:36:00 WIB

RMOLSumut.  Penanaman nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sejak dini menjadi suatu hal yang sangat penting dewasa ini.
Hal tersebut dipercaya akan memperkuat identitas bangsa dalam menghadapi globalisasi dan modernisasi.

Demikian disampaikan anggota Komisi X PDR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Anang Hermansyah dalam diskusi kebangsaan di SMA Taruna Mandiri, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Dalam kesempatan tersebut, Anang yang juga tercatat sebagai artis senior menuturkan bahwa penanaman nilai Pancasila dan UUD 1945 kepada generasi muda mendesak untuk dilakukan. Mengingat, perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat berjalan.

"Kalau penanaman nilai-nilai Pancasila ini tidak dilakukan pada generasi muda, maka tidak aneh kalau kalian cenderung silau sama ideologi-ideologi impor," kata Anang di hadapan ratusan siswa SMA Taruna Mandiri.

Dengan beragam budaya yang dimiliki Indonesia justru salah satu yang menjadi landasan penting untuk mempersatukannya adalah Pancasila.

Ia tidak bisa membayangkan jika Pancasila tidak ada, maka gugusan Indonesia dari Sabang sampai Merauke juga tidak pernah lahir.

"Pancasilalah yang bisa menyatukan dan merekatkan kita sampai sekarang ini, tanpa menghilangkan identitas masing-masing budaya yang ada," tambah Anang.

Anang mengingatkan, tugas generasi muda untuk mempersatukan bangsa ini ke depan akan jauh lebih berat. Maka dari itu, menurut dia, bertindak jujur, bekerja keras, menghargai perbedaan yang ada adalah satu dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari. [hta/rmol]

Komentar Pembaca