BBKSDA Sumut Bebaskan 7 Elang Bondol Di Langkat

Rumah Kaca  KAMIS, 07 JUNI 2018 , 11:35:00 WIB | LAPORAN: PUTRA

BBKSDA Sumut Bebaskan 7 Elang Bondol Di Langkat

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Badan Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, melepas liarkan 7 ekor elang laut atau elang Bondol, ke alam bebas.
Pelepasliaran 7 elang laut atau elang Bondol ini di lakukan di kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading, tepatnya di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Ke 7 ekor elang Bondol ini sebelumnya di rawat oleh BBKSDA Sumatera Utara, di Pusat perawatan Satwa yang ada di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Adapun 4 ekor elang di peroleh dari penyerahan warga secara sukarela, sedangkan 3 ekor lainnya merupakan hasil penyitaan operasi Petugas BBKSDA.

Tujuh ekor elang Bondol yang di lepasliarkan oleh Petugas tersebut berjenis kelamin jantan sebanyak 6 ekor, sedangkan 1 ekor lagi berjenis kelamin betina.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi mengatakan, di pilihnya kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, karena lokasi ini berbatasan dengan laut.

"Karena memang lokasi ini berbatasan dengan laut yang merupakan habitat asli untuk elang Bondol," katanya.

BBKSDA Sumatera Utara berharap agar warga tidak lagi menangkap dan memelihara elang Bondol, karena hewan inj termasuk salah satu jenis hewan yang di lindungi.[rgu]



Komentar Pembaca