Postingan Hoax Sebut Djarot Bagi-Bagi Duit Dilaporkan Ke Polda Sumut

Pilkada Sumut 2018  KAMIS, 07 JUNI 2018 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Postingan Hoax Sebut Djarot Bagi-Bagi Duit Dilaporkan Ke Polda Sumut

Foto/Net

RMOLSumut. Pendukung pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) melaporkan sejumlah pemilik akun media sosial yang ikut menyebarkan informasi hoax menyebut Djarot membagi-bagi uang di Asahan.
Rion Aritonang selaku salah seorang pendukung menyebutkan pengaduan ini penting dilakukan karena informasi tersebut merusak kepercayaan masyarakat kepada calon gubernur nomor urut 2 tersebut.

"Kami mengadukan ini karena info hoax ini sangat merusak reputasi pak Djarot selaku sosok yang sangat patuh aturan," katanya kepada RMOLSumut.com, Kamis (7/6).

Rion menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penelusuran mengenai kebenaran informasi tersebut. Hasilnya tidak ada aktifitas apapun terkait bagi-bagi uang dilakukan oleh Djarot seperti yang diposting pada salah satu grup diskusi facebook dan juga diposting ulang oleh beberapa netizen.

"Jadi kami pastikan itu info hoax. Karna ini merugikan secara langsung maka kami rasa oknum pelakunya harus diberi sanksi," ujarnya.

Untuk melengkapi bukti dalam laporannya, Rion dan beberapa orang rekannya mengaku sudah mengambil gambar beberapa akun facebook yang memposting info hoax tersebut.

Isi dari postingan tersebut mengatakan bahwa Djarot tertangkap tangan tengah menyuap sejumlah kepala desa di Asahan, tepatnya di acara rapat ketua-ketua Apdesi Simpang Kawat, Asahan.

Pada tuduhan itu, disebutkan juga Djarot sempat dilarikan ke kantor polisi dan Bawaslu namun dilepas, serta beberapa bukti termasuk keterangan warga yang melihat sudah sebahagian didapat, termasuk sobekan kertas pengikat uang dari bank berjumlah Rp10 juta.

Mereka berharap hal ini segera ditangani oleh pihak kepolisian mengingat penyebaran berita bohong atau hoax merupakan tindak pidana yang diatur dalam UU ITE.[rgu]

Komentar Pembaca