Babinsa 09/Hinai Bantu Panen Padi Di Langkat

Ekonomi  SABTU, 09 JUNI 2018 , 19:29:00 WIB | LAPORAN: PUTRA

Babinsa 09/Hinai Bantu Panen Padi Di Langkat

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 09/Hinai, Serda Rinaldi, mendampingi para Petani di daerah binaannya. Hal itu guna mensukseskan program Pemerintah.
Adapun Program Pemerintah itu adalah bahwa dalam kurun waktu tiga tahun kedepan agar tercapai.

Dalam pelaksanaan pendampingan terhadap petani, Serda Rinaldi bersama para petani memanen padi milik Basuki, yaitu anggota Kelompok Tani (Poktan) Mekar Sari, yang berada di Kelurahan Kebun Lada Dusun IV Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, dengan luas 15 rante, Sabtu (9/6).

Kegiatan panen yang didampingi Babinsa Kelurahan Kebun Lada, dilaksanakan dalam rangka program Upsus ketahanan pangan antara TNI AD, dalam hal ini Kodim 0203/Langkat dengan dinas pertanian Kabupaten Langkat.

"Panen perdana ini masuk dalam kelompok tani Mekar Sari yang di Ketuai oleh Sukirman. Adapun jenis padi yang ditanam oleh masyarakat, yaitu jenis Padi Ceherang, karena sesuai dengan tanah yang ada di areal sawah setempat," tegas Serda Rinaldi.

Lanjutnya, Panen ini baru dilaksanakan di areal sawah 10 rante, dengan hasil perhektarnya ± 3 Ton. Sedangkan untuk luas lahan sawah di Kelurahan Kebun Lada ini adalah 139 hektar.

"Padi yang di panen ini ditanam pada Bulan Mei yang lalu," ucap Serka Rinaldi.

 Sementara itu, Dandim 0203/Langkat, melalui Danramil 09/Hinai, Kapten Inf Dwi, mengatakan bahwa Para babinsa yang wilayah binaannya memiliki sawah, maka setiap hari mereka (Babinsa) harus berada di sawah.

"Kita berharap setiap keluhan masyarakat dapat di dengar oleh Babinsa dan PPL setempat, serta memberikan jalan keluar masalah pertanian yang ada," papar Danramil.[rgu]

   


Komentar Pembaca