Rekontekstualisasi Peran HMI Sumut : Catatan Menjelang Musda

Oleh: Muhammad Alwi Hasbi Silalahi

OPINI  MINGGU, 10 JUNI 2018 , 13:58:00 WIB

Rekontekstualisasi Peran HMI Sumut : Catatan Menjelang Musda

M. Alwi Hasbi Silalahi

RMOLSumut. Sulit dibantah bahwa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), sebagai organisasi mahasiswa tertua di Indonesia memilik andil yang cukup signifikan bagi kehidupan sosial masyarakat. Peran ini tentunya sejalan dengan tujuan HMI di awal berdirinya, selain gerakan dakwah islamiyah, HMI juga lahir sebagai gerakan sosial kemasyarakatan dengan cita-cita menyatukan gerakan mahasiswa menjaga Indonesia dua tahun setelah kemerdekaan.

Namun demikian, dewasa kini gerak langkah HMI sudah mulai banyak dipertanyakan. Bukan hanya dikalangan alumni dan masyarakat umum lainnya, para kader HMI sendiri sudah mulai mempertayakan peran organisasi yang didirikan Lafran Pane itu saat ini. Sangat wajar memang, tercatat pasca dimulainya Orde Reformasi gerakan-gerakan organisasi mahasiswa secara umum sudah mulai kehilangan arah. Begitu juga dengan HMI yang seiring berjalannya waktu sibuk dengan berbagai persoalan yang menimpa tubuhnya sendiri.

Berangkat dari pemikiran tersebut, haruslah diciptakan sebuah formulasi untuk mengembalikan Himpunan Mahasiswa Islam menjadi salah satu kekuatan progresif dan revolusioner seperti yang pernah disebutkan oleh Presiden Soekarno. Formulasi-formulasi itu kemudian dijalankan oleh kader-kader secara bersama-sama dengan tujuan kembali menjadikan HMI sebagai apa yang pernah disampaikan Jendral Sudirman yaitu harapan masyarakat Indonesia.

Begitupun untuk Sumatera Utara, pengembalian peran HMI sebagai anak kandung rakyat harus digaungkan dengan lantang. Terlebih menjelang kontestasi Musyawarah Daerah Badko HMI Sumut, dibutuhkan sosok baru yang siap benar-benar menjadi ujung tombak gerakan untuk dijadikan pimpinan di periode yang akan datang.

Merawat Independensi HMI


Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds