>

Kapolri Perintahkan Pemeriksaan Dishub Kabupaten dan Provinsi Atas Insiden KM Sinar Bangun

Peristiwa  KAMIS, 21 JUNI 2018 , 15:39:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Kapolri Perintahkan Pemeriksaan Dishub Kabupaten dan Provinsi Atas Insiden KM Sinar Bangun

Foto/Ist

RMOLSumut. Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian meminta agar penyidik tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda kapal KM Sinar Bangun. Namun lebih dari itu, ia juga memerintahkan agar pejabat berwenang dalam uji kelaikan kapal tersebut ikut dimintai keterangan karena dinilai bertanggungjawab atas insiden tenggelamnya kapal tersebut.

"Saya tidak akan segan-segan untuk meminta kepada penyidik jangan hanya nahkoda kapal tapi juga sistemnya yang bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan," kata Tito sesaat setelah tiba di Tigaras, Kabupaten Simalungun, Kamis (21/6)

Tito mengatakan pejabat yang berwenang dalam pelayaran kapal naas tersebut adalah dari jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten maupun Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara. Sesuai aturan, kewenangan penanganan kapal tersebut didasarkan pada bobot dari kapal tersebut.

"Tadi sudah jelas bahwa kapal di bawah 5 gros ton izin dan pengawasannya oleh Dinas Perhubungan Kabupaten. Untuk 5 ton hingga 300 ton itu oleh Dinas Perhubungan Provinsi. 300 ton ke atas oleh Kementerian Perhubungan. Nah berat KM Sinar Bangun 17 gros ton. Jadi untuk perizinan dan kelayakan itu menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Provinsi," beber Tito.

Diketahui KM Sinar Bangun tenggelam di  Perairan  Danau Toba pada Senin (18/6) lalu. Kuat dugaan tenggelamnya kapal tersebut karena kelebihan muatan. Hingga saat ini ratusan korban masih dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.[rgu]


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds