Pemenang Pilkada Diminta Jamin Kepastian Investasi

Investor Cemaskan Perda Baru

Ekonomi  KAMIS, 28 JUNI 2018 , 11:23:00 WIB

Pemenang Pilkada Diminta Jamin Kepastian Investasi
RMOLSumut. Kebijakan daerah berpotensi mengalami perubahan pasca Pilkada secara serentak. Para kepala daerah baru diharapkan tidak membuat peraturan yang menyulitkan investasi.

Bhima Yudhistira Adhinegara menyerukan kepada para pemenang pemi­lihan kepala daerah (Pilkada) tidak membuat regulasi yang memicu ketidakpastian hukum, terutama terkait perizinan dan in­vestasi. Menurutnya, para investor sejatinya lebih mencemaskan masalah kepastian hukum ketim­bang proses penyelenggaraan Pilkada itu sendiri.

"Suhu politik memang mem­buat investor khawatir. Tetapi mereka lebih takut ketidakpastian kebijakan. Bisa dibayang­kan ada 171 pilkada secara serentak. Berapa banyak Perda baru akan muncul? Masalah itu jauh lebih berbahaya karena bisa menghambat investasi," ujar Bhima kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Bhima menuturkan, tantangan ketidakpastian hukum merupakan hal penting yang harus menjadi perhatian serius pemerintah pusat pasca Pilkada. Apalagi, saat ini masih banyak peraturan yang belum sinkron antara pusat dan daerah.

Bhima berharap, pemerintah memberikan saksi tegas kepada daerah yang mempersulit investor. Hal ini bisa dilakukan melalui instrumen anggaran. Misalnya, menghentikan sementara pemberian anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam beberapa waktu.


Komentar Pembaca
Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds