Mahasiswa UNIMED Beri Pelatihan Penerapan Pakan Budidaya Ikan

Ekonomi  KAMIS, 05 JULI 2018 , 14:01:00 WIB | LAPORAN: PUTRA

Mahasiswa UNIMED Beri Pelatihan Penerapan Pakan Budidaya Ikan

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Medan bidang Teknologi (PKM-T Unimed) memberikan pelatihan penerapan pakan ikan kepada mitra kerja di Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur.
Salah satu mitra kerja yang mendapat pelatihan, yakni kelompok perikanan Tunas Baru yang diketuai Slamet M. Pelatihan ini merupakan program kreativitas mahasiswa yang didanai Dirjen Belmawa Kemenrisekdikti.

PKM-T berjudul 'Penerapan Mesin Pakan Ikan dari Limbah Desa untuk Desa' ini digagas oleh tiga mahasiswa Unimed, yakni Ratih Dwi Fardilah sebagai ketua tim, Daulat Purba dan Ibnu Akbar sebagai anggota.

"Program ini merupakan bantuan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknologi dalam upaya mewujudkan kemandirian peternak ikan di Tunggurono. Sehingga diharapkan peternak ikan dapat mengolah sendiri bahan pakan ikan dari limbah kelurahan," ujar Daulat Purba, saat di konfirmasi, Kamis (7/7).

Dengan begitu, lanjutnya, peternak tidak bergantung pada pelet ikan gurami yang harganya cukup tinggi di pasaran.

"Selama ini peternak ikan bergantung dengan pelet. Sehingga sebagian besar anggota perikanan Tunas Baru menutup usahanya," ucapnya.

Lebih jauh dikatakan Daulat, program pelatihan ini dilakukan dengan dua kali pengajaran, pertama, pengajaran pembuatan dan pengolahan pakan, dan kedua, pelatihan penggunaan mesin pakan ikan kepada mitra dan anggota perikanan.

"Dengan pelatihan ini diharapkan mitra dan seluruh anggotanya mampu memahami penerapan teknologi mesin pakan ikan dengan sistem 2 input dan 1 output dengan tepat dan benar," harapnya.

Sementara, Ratih Dwi Fardilah, mengakui sudah menyediakan buku panduan serta buku perawatan mesin pakan ikan. Hal ini bertujuan agar mesin dapat terjaga dengan baik serta dapat dioptimalkan oleh mitra.

"Dengan begitu, mesin pakan ikan gurami ini mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama untuk digunakan oleh mitra dan anggotanya," papar Ratih.

Slamet M dan rekan-rekan kelompok perikanan Tunas Baru, bersyukur dan berterima kasih atas program bantuan yang diberikan oleh Tim PKM-T dari Universitas Negeri Medan.

"Program ini disambut baik oleh anggota perikanan Tunas Baru yang kembali ingin aktif membuka usaha perikanan mereka. Dengan keberadaan teknologi mesin pakan ikan gurami dengan sistem 2 input dan 1 output ini, mudah-mudahan hasil perikanan meningkat dari sebelumnya," imbuhnya.

Tidak hanya ke Kelompok Tani, rencananya Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Negeri Medan bidang Teknologi (PKM-T Unimed) bakal mensosialisasikan ke Masyarakat pada tanggal 26 Juli mendatang.[rgu]


Komentar Pembaca
PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 17:00:00

Wagub DKI: Anak SMAN 68 Hebat!

Wagub DKI: Anak SMAN 68 Hebat!

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 15:00:00

Viral! Kantor Polisi Bersama RI-China

Viral! Kantor Polisi Bersama RI-China

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 13:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00