Dinas ESDM Dan Walhi Sumut Teken MoU Transparansi Ijin Tambang

Rumah Kaca  JUM'AT, 06 JULI 2018 , 13:20:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Dinas ESDM Dan Walhi Sumut Teken MoU Transparansi Ijin Tambang

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara menyepakati kerjasama dalam penyediaan informasi terkait ijin pertambangan di Sumatera Utara. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama untuk memperbaiki tata kelola perijinan di sektor pertambangan melalui pembuatan portal atau sistem informasi pelayanan publik berbasis online pada Dinas ESDM Sumut tersebut.
"Pada portal ini masyarakat luas dapat melihat perusahaan-perusahaan yang memiliki ijin pengelolaan pertambangan di Sumatera Utara. Dengan demikian, seluruh masyarakat dapat terlibat langsung dalam pengawasan usaha pertambangan yang ada," kata Direktur Eksekutif Walhi Sumut, Dana Tariga, Jumat (6/7).

Dana mengatakan selama ini persoalan perizinan perusahaan pertambangan masih menjadi hal yang sangat sulit untuk diakses oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena baik perusahaan maupun pemerintah masih kerap menjadikan proses perijinan ini sebagai "lahan" untuk mencari keuntungan-keuntungan yang sifatnya pribadi tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Nah kami berharap dengan adanya kerjasama ini maka hal tersebut tidak terjadi lagi. Kami sangat berterima kasih Dinas ESDM Sumut sudah membuka diri untuk hal yang positif ini," ujarnya.

Dinas ESDM Sumatera Utara sendiri mengaku sangat menerima baik adanya kerjasama dengan pihak Walhi Sumut. Kepala Dinas ESDM Sumut, Zubaidi mengatakan selaku leading sector pada bidang pertambangan, pihaknya sangat berkepentingan untuk menjaga keberlangsungan kelestarian lingkungan. Apalagi selama ini menurutnya, sektor pertambangan menjadi salah satu penyumbang terbesar kerusakan lingkungan yang ada.

"Kami harapkan juga kesepakatan dengan Walhi ini akan terus dibina dan berjalan. Kami memang dinas ESDM rentan sekali dengan lingkungan. Jangan sampai sudah hancur baru dibenahi, lebih baik kita mencegah kerusakan," ungkapnya.[rgu]

Komentar Pembaca
SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

RABU, 18 JULI 2018 , 19:00:00

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

RABU, 18 JULI 2018 , 15:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00