Peran Pemilu Dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi

Oleh : Sahimin, S.Pd.I, M.Pd

OPINI  SENIN, 09 JULI 2018 , 16:52:00 WIB

Peran Pemilu Dalam Menanamkan Nilai-nilai Demokrasi

Ilustrasi/Net

RMOLSumut. Pemilu diselenggarakan dengan partisipasi rakyat berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil serta menjamin prinsip-prinsip keterwakilan, akuntabilitas dan legitimasi. Sedangkan demokrasi merupakan tema sentral perubahan ekonomi-politik dunia dewasa ini, yang di dalamnya tercakup berbagai persoalan yang saling berkait satu sama lain. Demokrasi telah menjadi objek studi yang sangat luas rentang pembahasannya. Ada yang menekankan pada pendekatan atau masalah nilai dan budaya.

Pemilihan kepala daerah yang biasa penuh intrik politik di tekan harus bisa berjalan sesuai aturan main, yang tak terlepas dari demokrasi yang di terapkan guna mencapai pemilu yang bermartabat dan berdaulat. Seperti sebuah pertunjukan, Pilkada Gubernur, Bupati, Wali Kota dan Pileg serta Pilpres jadi panggung yang diklaim sebagai etalase kedaulatan rakyat. Bermacam  adegan yang ditampilkan untuk  menyelenggarakan, guna merekrut warga bisa ikut berpartisipasi dalam Pilkada sebagai bentuk pesta demokrasi. Bagi masyarakat miliki SDM Demokrasi dianggap sebagai sebuah panggung drama sukar  dilihat secara telanjang.

Karena itu bermacam tafsir muncul. Tidak ada rahasia dalam demokrasi dipahami secara awam, tapi bagi yang mengetahui demokrasi memiliki rahasia dan dibaliknya ada peran politik. Kendati demikian, demokrasi nyata ambil bagian dalam praktis dan ini yang menjadikan demokrasi sebagai jembatan elektoral bagi politisi pergi ke medan wadah pemilihan. Tersebutlah dia, kandidasi dalam pilkada, dibangun di atas survei tentang elektabilitas dan popularitas.

Pelaksanaan pilkada serentak 2018 akan menjadi batu uji demokrasi. Selain karena momentum ini akan menjadi sarana rotasi kepemimpinan politik, Pilgubsu Sumut dilaksanakan 27 Juni 2018 Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul sementara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara atau pilgub Sumut 2018.

Berdasarkan hitung cepat atau quick count Citra Publik Adv Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network di Medan, hingga pukul 16.00, pasangan Edy dan Musa meraih 56,27 persen. Sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus atau Djarot dan Sihar meraih 43,73 persen suara. Hasil penghitungan tersebut merupakan total suara yang masuk dari 350 tempat pemungutan suara (TPS), yang dijadikan sampel.

Nah  ini merupakan hasil sementara dari pertarungan sebuah kompetisi, kalah dan menang sudah sewajarnya setiap kandidat menerima. Namun tahukah Pilkada di daerah termasuk Sumut analisisnya hanya sebagai sarana memanaskan mesin partai menjelang pertarungan yang sesungguhnya di 2019. Karena berawal dari itu partai politik, dengan kepentingan bisa mengetahui peta kekuasaan secara real guna mendapat kesuksesan pemilu 2019.

Secara umum sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya turut serta memerintah melalui wakil-wakilnya itulah demokrasi. Menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Istilah Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos yang artinya rakyat dan cratos yang artinya pemerintahan. Pengakuan resmi bahwa Indonesia adalah negara demokrasi terdapat pada. Sesuai UUD 1945 Pasal 1 ayat 2 yang berbunyi Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Pancasila sila keempat yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.


Komentar Pembaca
Pecat Anak Buah Surya Paloh!

Pecat Anak Buah Surya Paloh!

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Perkasa Serahkan Bantuan

Perkasa Serahkan Bantuan

KAMIS, 30 AGUSTUS 2018 , 12:57:00

Trauma Healing Korban Gempa Lombok

Trauma Healing Korban Gempa Lombok

JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 15:50:00

Persiapan Pendakian Sabar Gorky 2018

Persiapan Pendakian Sabar Gorky 2018

SABTU, 04 AGUSTUS 2018 , 13:11:00



The ads will close in 10 Seconds