Parlindungan Purba: PMKRI Harus Terdepan Jaga Nasionalisme

Politik  SELASA, 10 JULI 2018 , 17:42:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Parlindungan Purba: PMKRI Harus Terdepan Jaga Nasionalisme

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Anggota DPD RI Parlindungan Purba meminta agar seluruh kader Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) menjadi yang terdepan dalam menjaga semangat nasionalisme. Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara pada Rakernas IX dan Seminar Nasional PMKRI Santo Thomas Aquinas 2018 di Katolik Center, Jalan Mataram, Medan, Selasa (10/7).
"Untuk menjaga nasionalisme itu simpel. Kalau anda beragama Katolik jangan katakan agama orang lain itu tidak baik. Jalin persaudaraan dengan mereka," katanya.

Parlindungan menjelaskan, menjaga nasionalisme tidak bertentangan  dengan imbauan yang selalu disampaikan oleh pimpinan umat Katolik. Hal ini juga sejalan dengan ajaran Pancasila yang menjadi perekat bagi seluruh keragaman yang ada pada bangsa Indonesia.

"Pimpinan kita selalu mengatakan jangan menjadi bagian dari masalah, namun jadilah menjadi pemecah masalah. Artinya apa, kita harus muncul ditengah berbagai isu yang mencoba menggoyahkan persatuan bangsa saat ini," sebutnya.

Untuk mencapai posisi sebagai "pemecah masalah" ini, Parlindungan mengingatkan agar seluruh mahasiswa khususnya yang tergabung dalam PMKRI agar membekali diri dengan berbagai kemampuan. Salah satu yang penting menurutnya adalah kemampuan dalam menjalin komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi dengan orang lain dan komunikasi dengan Tuhan.

"Komunikasi dengan diri sendiri itu namanya motivasi, komunikasi dengan orang lain itu adalah pergaulan ditengah masyarakat dan komunikasi dengan Tuhan yakni sebagai bagian dari pengharapan atas semua upaya baik yang kita lakukan," ungkapnya.

Ia meyakinkan dengan kemampuan komunikasi ini, maka seluruh kader PMKRI akan menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Itukah jalan untuk mewujudkan PKMRI menuju organisasi yang berbasis, kompetitif dan kontekstual yang menjadi thema seminar ini," pungkasnya.

Parlindungan Purba menjadi pembicara bersama beberapa tokoh alumni PMKRI Barnabas Hura dan Kepala Divisi Infrastruktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Antonius Yuwono. Seminar tersebut dihadiri oleh kader PMKRI dari seluruh Indonesia.[rgu]

Komentar Pembaca
PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 17:00:00

Wagub DKI: Anak SMAN 68 Hebat!

Wagub DKI: Anak SMAN 68 Hebat!

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 15:00:00

Viral! Kantor Polisi Bersama RI-China

Viral! Kantor Polisi Bersama RI-China

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 13:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00