Realisasi Administrasi Kependudukan Anak Panti Asuhan Urgen Di Medan

Politik  RABU, 11 JULI 2018 , 14:17:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Realisasi Administrasi Kependudukan Anak Panti Asuhan Urgen Di Medan

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Persoalan administrasi kependudukan bagi anak-anak yang menghuni panti asuhan hingga saat ini masih kerap menjadi persoalan terkait legalitas formal mereka dalam menggapai masa depan. Hal ini menjadi pembahasan utama dalam pertemuan yang dilakukan oleh Senator asal Sumatera Utara Parlindungan Purba dengan Dinas Sosial Kota Medan dan Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak �" Panti Asuhan Sosial Anak (LKSA-PSAA).
Dalam pertemuan tersebut dikemukakan bahwa persoalan legalitas formal kependudukan anak-anak penghuni panti asuhan masih kerap menjadi kendala terutama saat mereka akan mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Hal ini juga berlanjut hingga pada persoalan data mereka pada beberapa instansi lain yang berkaitan erat dengan persoalan kesejahteraan mereka sebagai warga.

"Salah satu misalnya mereka menghadapi kendala dalam administrasi. Saya sangat berharpa mereka dapat dilayani membuat akta kelahiran ini perlu untuk kelanjutan mereka saat mendaftar sekolah," kata Parlindungan Purba, Rabu (11/7).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Medan Endar Sutan Lubis, Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Medan Sri Maharani dan Ketua LKSA-PSAA Rafdinal dan puluhan pengelola panti asuhan.

Parlindungan mengatakan dalam penerbitan akta kelahiran bagi anak-anak penghuni panti asuhan harus dilakukan lewat koordinasi lintas dinas baik dinas sosial dan dinas dukcapil Kota Medan yang juga melibatkan pihak LKSA PSAA selaku forum perhimpunan dari pengelola panti asuhan.

"Kami sangat berharap adanya koordinasi yang baik, sehingga anak-anak penghuni panti asuhan dengan mudah hak-haknya dapat terpenuhi. Misalkan saja dalam BPJS dia bisa terdaftar karena nantinya sudah memiliki administrasi kependudukan yang jelas," sebutnya.

Dalam waktu dekat kata Parlindungan ia akan menggelar rakor dengan instansi yang lain yang masih berhubungan dengan persoalan penanganan anak di panti asuhan seperti pihak kepolisian, dinas pendidikan hingga dinas kesehatan.[rgu]


Komentar Pembaca
SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

RABU, 18 JULI 2018 , 19:00:00

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

RABU, 18 JULI 2018 , 15:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00