KIPP: Kisruh Pilkada Taput Karena Ketidakprofesionalan Penyelenggara Pemilu

Politik  SELASA, 17 JULI 2018 , 16:00:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

KIPP: Kisruh Pilkada Taput Karena Ketidakprofesionalan Penyelenggara Pemilu

Foto/Net

RMOLSumut. Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumatera Utara, Ferdiansyah Putra mengatakan kisruh yang terjadi pada pemilihan bupati Tapanuli Utara disebabkan ketidakprofesionalan penyelenggara pemilu. Dalam hal ini menurutnya penyelenggara pemilu baik KPU dan Panwaslu tidak menjalankan regulasi dengan baik.
"Setiap kebijakan yang diambil harus berlandaskan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kita jadi mempertanyakan, kenapa bisa rusuh. Harusnya penyelenggara juga mempertimbangkan sisi keamanan daerah," kata Ferdi, Selasa (17/7).

Ferdiansyah juga menyoroti soal kinerja kepolisian. Karena sempat mencuat wacana soal keberpihakan aparat penegak hukum terhadap salah satu paslon.

Menurutnya dalam hal ini Polda sumutlah yang paling bertanggungjawab, engingat pernyataan Kapolda Sumut yang menyebut Pilkada Serentak 2018 di Sumut berjalan aman. Padahal kenyataannya menurut Ferdi tidak demikian di Tapanuli Utara.

"Kapolda dan jajarannya jangan hanya saling klaim soal jaminan kondisi keamanan tetapi harus benar terbukti. Kepolisian jangan juga hanya berpedoman berupaya melakukan penangkapan terhadap pelaku kerusuhan ditengah gejolak masa," ujarnya.

Kekecewaan warga yang berujung pada pengrusakan fasilitas negara seperti perusakan Kantor Panwaslih Tapanuli Utara dengan melempar bom molotov di Tarutung yang terjadi kemarin (Senin, 16/7) menurutnya juga menjadi hal yang menjadi bukti bahwa situasi pasca pemilu kepala daerah di Tapanuli Utara masih belum dapat dikatakan sepenuhnya kondusif.[rgu]

Komentar Pembaca
Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds