Musisi Austria Akan Bawakan Lagu-Lagu Batak Di Even Samosir Music International

Budaya  SENIN, 30 JULI 2018 , 12:40:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Musisi Austria Akan Bawakan Lagu-Lagu Batak Di Even Samosir Music International

Herman Delago/Ist

RMOLSumut. Even Samosir Music Internasional 2018 akan kembali digelar di Kabupaten Samosir pada akhir Agustus 2018 mendatang. Pada even kali ini sejumlah musisi Indonesia akan membawakan berbagai musik dan lagu Batak dengan berkolaborasi bersama sejumlah musisi dari luar negeri salah satunya yakni musisi Austria Herman Delago.
‎"Tahun 2018 ini merupakan edisi yang ke-4, sejak awal dimulainya event ini,yaitu tahun 2014 dengan menghadirkan 90-an musisi orkestra dari Austria ke Samosir. Event ini sejak tahun 2014,menjadikan event ini menjadi bagian dari agenda event tahunan Horas Samosir Fiesta," kata penggagas Samosir Music International, Herman Delago, Senin (30/7) di Medan.

Herman mengatakan inisiatif untuk menggelar kegiatan ini digagas bersama Henry Manik sosok yang saat ini berdomisili di Belanda. Tujuannya yakni untuk mempromosikan Danau Toba melalui musik Batak kepada dunia sebagai daya tarik wisatawan Internasional ini. Sebagai langkah awal Herman akan menggelar mini konser di Medan pada Sabtu 18 Agustus 2018.

"Dari tahun ke tahun, pengunjung event ini sangat banyak, bahkan menjadi salah satu event terbesar disekitar Danau Toba, yang pengunjungnya terbanyak. Tentu ini adalah salah satu pencapaian yang sangat baik dan sebuah terobosan baru untuk sebuah event yang bertaraf internasional di Samosir. Yang mana imbas positivenya bisa dirasakan langsung oleh Samosir Danau Toba sebagai daerah pariwisata yang sedang digalakkan," jelas Herman.

Herman mengatakan ‎Samosir Music International memiliki visi misi untuk membawa nama Samosir ke dunia yang lebih luas dengan menjadikan event ini, menjadi salah satu event bergengsi yang harus di ikuti oleh artis baik tanah air maupun luar negeri .

"Maka event seperti ini sangat dibutuhkan, sebagai penarik pengunjung ke daerah ini. Oleh karena itulah, Pemda Samosir melihat ini suatu event yang strategis, yang mampu mendatangkan banyak orang sehingga diagendakan menjadi event tahunan dan tetap  menjalin kerjasama yang baik dengan Henry Manik putra Samosir," tutur Herman.

Festival musik ini menjadi berbeda dari semua  festival musik yang sudah ada selama ini, baik di dalam maupun diluar negeri. Karena  setiap artis dan musisi yang terlibat baik yang dari Eropa maupun Indonesia wajib harus bisa membawakan lagu lagu daerah Batak.

"Sehingga setiap orang yang terlibat butuh persiapan lama, khusus dalam mempelajari lagu lagu Batak. Keunikan konsep ini merupakan salah satu nilai tarik buat banyak orang untuk hadir menyaksikan aksi panggung para artis ini," ujar Herman.

Event musik tahunan ini, Herman akan diisi dengan penampilan ‎Viky Sianipar yang sudah sangat dikenal dengan arrangement musiknya yang jenius, dan sangat concern terhadap pengembangan musik lagu Batak, akan turut hadir di Samosir bersama Bandnya dan juga Alsant Nababan sebagai Vokalisnya. Untuk lebih meramikan lagi, Louis Sitanggang yang merupakan vokalis dari Deredia, juga akan turut hadir.

‎"Persiapan akan event ini sudah tergolong rampug, hanya masih terus mencari dukungan ke banyak pihak, mengingat masih minimnya pendanaan yang bisa dikelola. Besar harapan event ini bisa mendapat perhatian yang lebih serius terutama dari pemerintah Provinsi dan Pusat, agar nantinya event ini bisa tetap digelar dan bisa semakin dikembangkan. Karena event ini sudah tiga kali membuktikan keberhasilannya untuk mendatangkan pengunjung ke Samosir dengan jumlah yang sangat banyak," kata Herman.

Herman mengatakan kegiatan musik Batak ini, juga sebagai wujud untuk mengenang peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di Perairan Danau Toba, yang banyak menewaskan penumpangnya. Disaat pagelaran event ini akan diadakan moment tertentu untuk mengingat sekilas kejadian tersebut, sebagai bentuk penghormatan kepada semua korban.

"Dengan harapan, renungan ini nantinya bisa lebih menyadarkan semua pihak, untuk tetap sadar atas perlunya kenyamanan dan keselamatan semua orang, baik di danau, darat atau dimanapun.
Semoga pariwisata Samosir, makin maju, aman, nyaman dan makin populer keseluruh dunia," kata Herman.[rgu]


Komentar Pembaca
Partai Demokrat Musuh Dalam Selimut

Partai Demokrat Musuh Dalam Selimut

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

#PolitisiOnTheRoad: Kasus Ahok Gak Bikin Kapok

#PolitisiOnTheRoad: Kasus Ahok Gak Bikin Kapok

SENIN, 13 AGUSTUS 2018 , 21:00:00

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00