Mata Air Hilang Akibat Perambahan Hutan, Warga Desa Lingga Muda Mengadu Ke Polda Sumut

Rumah Kaca  RABU, 01 AGUSTUS 2018 , 12:28:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Mata Air Hilang Akibat Perambahan Hutan, Warga Desa Lingga Muda Mengadu Ke Polda Sumut

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Warga dari Desa Lingga Muda, Kabupaten Karo mendatangi Polda Sumatera Utara untuk mengadukan aksi perambahan hutan yang menyebabkan hilangnya mata air mereka. Perambahan hutan tersebut menurut mereka terjadi di kawasan hutan lindung Deleng Tongkoh yang menjadi sumber mata air warga desa Lingga Muda. Kasus ini sendiri menurut salah seorang warga Natanail Peranginangin sudah pernah mereka laporkan ke Polres Tanah Karo, namun tidak ada perkembangan sehingga mereka memilih untuk mengadu ke Polda Sumut.

"Kami berharap Polda Sumut bisa memproses kasus ini," katanya, Selasa (31/7).

Natanail menjelaskan, saat ini warga di desa mereka sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Hal ini terjadi karena sumber mata air mereka semakin mengalami kekeringan. Ironisnya pihak Polres Karo menurutnya tidak langsung tanggap atas persoalan warga ini. Kuat dugaan hal itu terjadi karena adanya keterlibatan beberapa orang pejabat di Kabupaten Karo, yang mana mereka juga pernah memergokinya di lokasi.

"Kita memergoki 4 orang yang mana diantaranya bukan orang asing bagi kami yakni JG yang merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Karo dan MG mantan kepala Desa Perbulan. Sementara 2 orang lainnya tidak kami kenal," lanjutnya.

Dalam pengaduan ini, warga Lingga Muda didampingi oleh pihak Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) yang diwakili oleh Golfrid Sianturi. Ia mengatakan Walhi akan tetap mendampingi warga dalam melaporkan kasus perusakan lingkungan ini.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds