Kasus Eddy Keleng Di Pilkada Dairi Jadi Preseden Buruk Soal Administrasi Paslon

Hukum  SENIN, 06 AGUSTUS 2018 , 09:40:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Kasus Eddy Keleng Di Pilkada Dairi Jadi Preseden Buruk Soal Administrasi Paslon

Ranto Sibarani/RMOLSumut

RMOLSumut. Perkara sengketa Pilkada Kabupaten Dairi terkait persoalan administrasi pendidikan Eddy Keleng Ate Berutu selaku calon bupati menjadi preseden buruk atas rendahnya ketaatan penyelenggara pilkada dalam mematuhi aturan yang ada. Hal ini disampaikan Ranto Sibarani selaku kuasa hukum pasangan Depriwanto Sitohang-Azhar Bintang, pasangan nomor urut 1 Pilkada Dairi yang menggugat kasus dugaan pelanggaran administrasi terkait berkas pendidikan Eddy Keleng Berutu saat mendaftar ke KPU Dairi.

"Kasus ini menjadi preseden buruk karena rendahnya kepatuhan KPU Dairi dalam menjalankan aturan tentang syarat administrasi para calon, kita ingin kasus ini menjadi tonggak bagi penegakan tertib administrasi di republik ini," kata Ranto terkait persidangan yang sudah memasuki sidang kedua.

Ranto menjelaskan dalam sidang kedua yang berlangsung pada Rabu (1/8) lalu mengagendakan mendengarkan keterangan dari termohon dalam hal ini KPU Dairi dan pihak terkait. Dalam persidangan tersebut menurut Ranto, pihaknya sangat menyayangkan bahwa KPU Dairi tidak mencantumkan surat ketetapan dari pengadilan yang menjadi dasar mereka dalam menetapkan perbedaan nama pada tiga ijazah dan tiga tempat berbeda milik Eddy.

"Padahal saat penetapan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Dairi 2018, mereka mendasarkan keabsahan perbedaan itu berdasarkan ketetapan pengadilan," ujarnya.

Disinilah menurut Ranto, KPU Dairi sengaja menyembunyikan kecurangan yang mereka lakukan. Sebab, penetapan pengadilan terkait perbedaan tiga nama pada 3 tempat pada Ijazah Eddy keluar pada tanggal 28 Mei 2018 yang mana hal ini seharusnya tidak boleh diterima lagi untuk melengkapi berkas pendaftaran.


Komentar Pembaca
#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Perkasa Serahkan Bantuan

Perkasa Serahkan Bantuan

KAMIS, 30 AGUSTUS 2018 , 12:57:00

Menuju Pelantikan

Menuju Pelantikan

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 10:07:00

Dijemput KPK

Dijemput KPK

RABU, 26 SEPTEMBER 2018 , 13:25:00



The ads will close in 10 Seconds