>

Jika Dua Incumben Tetap Diloloskan, Seleksi KPU Karo Akan Jadi Masalah Besar

Politik  RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 14:32:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Jika Dua Incumben Tetap Diloloskan, Seleksi KPU Karo Akan Jadi Masalah Besar

Bakhrul Khair Amal/RMOLSumut

RMOLSumut. Pengamat politik Universitas Negeri Medan (Unimed) Bakhrul Khair Amal mengatakan masuknya pengaduan atau tanggapan dari masyarakat terhadap dua orang peserta seleksi calon komisiner KPU Karo harus menjadi perhatian serius bagi tim seleksi. Apalagi pengaduan tersebut dilakukan oleh orang yang jelas, baik secara individual maupun kelembagaan terkait adanya rekam jejak dua calon komisioer incumben yang dinilai tidak bekerja dengan baik saat menjadi anggota KPU Karo pada periode sebelumnya.

Hal ini disampaikan Bakhrul terkait adanya surat dari Sekretaris KPU Karo kepada tim seleksi calon komisioner KPU Karo agar tidak meloloskan dua peserta berstatus incumben berinisial GT dan AMT. Dalam surat tersebut bertanggal 26 Juli 2018 tersebut, Sekretaris KPU Karo Hermawati Kaban dan 4 orang Staff KPU Karo meminta kepada tim seleksi agar tidak meloloskan keduanya dengan alasan selama menjabat anggota KPU Karo periode sebelumnya kerap melakukan tindakan atau perbuatan tercela dan melanggar etika yaitu dengan bermain judi di lingkungan Kantor KPU Karo pada jam kerja. Dalam melakukan hal itu, keduanya bahkan disebut kerap mengajak beberapa staff sekretariat untuk ikut serta sehingga mengganggu aktifitas pekerjaan staff sekretariat.

"Saya kira tim seleksi harus mengakomodir tanggapan itu. Apalagi itu yang memberi tanggapan orangnya jelas, jabatannya jelas, kelembagaannya juga jelas, tanda tangan jelas. Kalau tidak diakomodir bisa jadi masalah besar dikemudian hari kan," katanya kepada RMOLSumut.com, Rabu (15/8).

Mantan komisioner KPU Medan ini menjelaskan, hubungan baik antara komisioner KPU dengan pihak Sekretariat menjadi penentu keberhasilan kinerja dari KPU dalam menyelenggarakan pemilu. Hal ini karena keduanya memiliki keterkaitan fungsi dimana pihak sekretariat bertugas memfasilitasi komisioner dan juga keputusan komisioner ditindaklanjuti oleh pihak kesekretariatan.

Dalam hal adanya pengaduan dari pihak sekretariat terhadap calon komisioner incumben, hal ini menurut Bakhrul harus diakomodir.


Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00



The ads will close in 10 Seconds