>

Turunan Gulo: Pernyataan Kapolrestabes Medan Menghina Warga Nias

Peristiwa  SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 13:11:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Turunan Gulo: Pernyataan Kapolrestabes Medan Menghina Warga Nias

Turunan Gulo/Net

RMOLSumut. Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (Himni) Sumatera Utara, Turunan Gulo mengkritik pernyataan yang disampaikan oleh Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto pada beberapa media saat memberikan keterangan seputar komitmen Polrestabes Medan menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ia mengatakan pernyataan dari Kapolrestabes dalam mewujudkan komitmennya membenahi pelayanan kepolisian di Kota Medan tidak seharusnya dilakukan dengan mengeluarkan pernyataan yang terkesan mendiskreditkan Nias sebagai tempat "pembuangan" bagi polisi yang bermasalah.

"Saya minta klarifikasi dari Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto perihal pernyataannya di Media bahwa Nias adalah daerah buangan aparat polisi yang melanggar. Kalau itu benar, maka pernyataan tersebut merupakan penghinaan bagi warga Nias, karena mengkonfirmasi kembali persepsi yang lama bawah Nias sebagai tempat "sampah" bagi aparat kepolisian bermasalah," katanya melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/8).

Turunan Gulo menjelaskan, pernyataan dari Kapolrestabes Medan yang menurutnya mendiskreditkan Nias adalah saat memberi pernyataan mengajak seluru personil Polrestabes Medan untuk menerapkan pelayanan yang baik kepada masyarakat pada seluruh satuan yang ada di Polrestabes Medan demi mewujudkan WBBM tersebut. Dalam kutipannya Kapolres mengaku sudah memindahkan beberapa personil yang coba-coba merusak komitmen tersebut ke Nias

"Yang kemarin ada rekan kita yang mulai mencoba-coba, yaitu Satreskrim. Itu sudah saya pindahkan ke Nias. Kalau rekan-rekan kepingin tugas di Nias, silahkan coba-coba. Kalau perlu nanti kita ajukan PTDH. Karena, gara-gara perbuatan satu orang akan menyengsarakan rekan yang lainnya," kata Kapolrestabes Medan Kombes Dadang seperti dikutip pada beberapa media online terbitan Medan.

Menurut Gulo, ungkapan-ungkapan seperti ini masih sering diucapkan oleh petinggi Polri sehingga memunculkan persepsi bahwa Nias menjadi tempat bagi aparat yang bermasalah. Padahal sebagai petugas negara menurut Gulo, personil Polri tidak seharusnya memberikan predikat-predikat negatif terhadap tempat mereka akan menjalankan tugas.


Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds