>

Terlalu Dianakemaskan, Masa Jabatan Anggota Dewan Harus Dibatasi

Politik  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 13:03:00 WIB

Terlalu Dianakemaskan, Masa Jabatan Anggota Dewan Harus Dibatasi

Foto/RMOL

RMOLSumut. Masa jabatan anggota DPR perlu dibatasi agar regenerasi terus berjalan. Aturan itu perlu diatur dalam UU Pemilihan Umum. Peneliti senior dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mengatakan, masa jabatan anggota dewan perlu dibatasi agar demokrasi berjalan dengan semestinya.

"Saya kira untuk kepentingan tentang sehatnya demokrasi itu, memang harus diatur soal periodesasi," ujar Lucius dalam konferensi pers bertajuk "Anatomi Caleg Pemilu Legislatif 2019" di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (14/9).

Dijelaskannya, wacana tentang periodesasi masa jabatan anggota dewan sebenarnya sudah ada sejak pembahasan UU Pemilu tahun 2017 lalu. Namun para politisi Senayan tidak pernah serius membahas tentang itu.

"Karena hampir pasti orang-orang yang membahas UU Pemilu itu adalah mereka yang tidak ingin dihambat soal periodesasi ini," imbuh Lucius.

Padahal, lanjutnya, hampir semua jabatan publik sudah ada aturan tentang itu. DPR kata dia seakan terus dianakemaskan. Untuk itu, dia menghimbau masyarakat pemilih untuk cerdas dalam menggunakan hak pilihnya.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds