Warga Gunung Omas Tapanuli Selatan Berharap Aliran Listrik

Ekonomi  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 14:20:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Warga Gunung Omas Tapanuli Selatan Berharap Aliran Listrik

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Sebanyak 42 keluarga di lingkungan VII Gunung Omas, Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), masih belum menikmati aliran listrik. Mereka berharap kampung mereka menjadi prioritas setelah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru beroperasi.

Salah seorang warga, Panyahatan Siregar (70) menyatakan, sejak kampung mereka berdiri, masyarakat sama sekali belum pernah menikmati penerangan listrik.

 "Tak pernah ada jaringan listrik di kampung kami," kata Siregar, belum lama ini.

Pada malam hari, seluruh penjuru kampung terlihat gelap gulita, hanya ada satu dua buah bola lampu pijar yang menyinari masjid dan tempat anak-anak mengaji. Pijaran bohlam itu digerakkan dari mesin genset. Sedangkan di rumah masing-masing warga mereka menggunakan lampu teplok yang terbuat dari botol bekas dengan sumbu dan diberi minyak sebagai asupan nyala api di sumbu, warga sekitar menyebutnya "lampu tellong,".

Di kampung ini, kata Panyahatan, hanya 1 unit mesin genset sumber penerangan waktu melaksanakan shalat malam hari di mesjid dan pengajian anak-anak. Sedihnya bila ada warga yang meninggal di malam hari, dan mesin genset tengah rusak.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds