>

Luhut: Harus Duduk Bersama Selesaikan Persoalan Hutan Adat Di Seputar Danau Toba

Peristiwa  RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 23:15:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Luhut: Harus Duduk Bersama Selesaikan Persoalan Hutan Adat Di Seputar Danau Toba

Danau Toba/Net

RMOLSumut. Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menginisiasi dialog sekaligus menekankan kepada para bupati se-kawasan Danau Toba untuk selalu berkoordinasi dalam hal penyelesaian sangketa tanah yang diklaim masyarakat sebagai pemilik di sepanjang kawasan hutan lindung. Luhut berharap, persoalan  lahan tersebut diselesaikan dengan cara duduk bersama seluruh pihak.
Hal ini disampaikannya menyikapi persoalan lahan hutan yang terjadi di Desa Motung yang sudah dicoba diselesaikan dalam bentuk pertemuan antara pemerintah yang diwakili oleh Menko Maritim Luhut bersama pengetua adat (

Raja-raja Bius). Dalam pertemuan tersebut Raja-Raja diminta melengkapi pernyataan tertulis mengenai aspirasi dan keinginan yang ingin disampaikan. Serta peta lokasi yang dimaksud, serta kelengkapan bukti lainnya terkait lahan tersebut.

Sebelumnya sosialisasi terkait penyelesaikan sengketa lahan sudah dilakukan oleh Ketua BPODT Ari Prasetyo bersama Bupati Darwin Siagian, Kapolres, Kepala BPKH, Kadispar terkait Program Perencanaan BPODT di Lahan Sibisa Tobasa kepada masyarakat, di Desa Motung.

Dalam pertemuan itu, beberapa poin disampaikan untuk membujuk masyarakat agar sesegera mungkin mengizinkan lahannya untuk diukur dan dipatok menjadi lahan BPODT.

Namun, warga menolak dan meminta transparansi segala kegiatan yang dilakukan di atas lahan penduduk.

Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds