Jaya Arjuna: Kerjasama USU dan NSHE Hanya Pencitraan

Ekonomi  KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:25:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Jaya Arjuna: Kerjasama USU dan NSHE Hanya Pencitraan

Jaya Arjuna/RMOLSumut

RMOLSumut. Aktivis lingkungan Jaya Arjuna menyatakan Universitas Sumatera Utara (USU) dirugikan dalam proses kerjasama dengan PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) terkait proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru. Kerjasama itu dinilai tak lebih dari pencitraan saja.

Menurut Arjuna, pelibatan USU oleh PT NSHE karena banyaknya kritik yang diterima perusahaan tersebut atas kajian lingkungan atau Amdal.
 
"Jadi kerjasama itu hanya pencitraan saja, karena dokumen Amdal yang dipersoalkan itu adalah dokumen Amdal tahun 2015. Ini kerjasamanya tahun 2018 jadi tidak ada hubungannya," kata Jaya Arjuna, Kamis (20/9).

Jaya Arjuna mengatakan, pihak USU seharusnya mengetahui bahwa berbagai kritikan terhadap proyek pembangunan PLTA Batangtoru tersebut adalah berkaitan dengan kajian Amdal.

Hingga saat ini kajian yang sudah di-acc oleh Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2015 lalu tersebut dinilai masih jauh dari hal yang dapat dipertanggungjawabkan. Dikatakannya, banyak sisi efek pembangunan tersebut terhadap kerusakan lingkungan maupun dampaknya bagi masyarakat yang belum dapat dijelaskan secara akademis.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds