>

KLHK Perkuat Konservasi Orangutan PLTA Batangtoru

Peristiwa  KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 19:09:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

KLHK Perkuat Konservasi Orangutan PLTA Batangtoru

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta PT North Sumatera Hydro Energi (NSHE) menyempurnakan dokumen Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Hal itu bertujuan agar PLTA Batangtoru terus memperkuat konservasi habitat orangutan dan satwa liar lainnya.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal  Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/9). "Kami sudah mengirimkan surat untuk perbaikan Amdal. Nantinya hasilnya akan menjadi pedoman sejak pembangunan, hingga beroperasi," kata Wiratno.

Disebutkan Wiratno, keberadaan orangutan  menjadi perhatian utama KLHK. Demikian pentingnya masalah itu, sehingga saat ini KLHK menempatkan satu tim yang terus memantau aktivitas orangutan di sana.

"Orang utan di sana itu lucu. Dia mempunyai tradisi bisa tinggal di dekat-dekat kebun-kebun masyarakat. Apalagi musim buah. Kalau buahnya habis, dia pergi ke daerah yang lebih tinggi lagi. Menariknya, masyarakat di sana tidak menganggu orangutan," kata Wiratno.

Tim monitoring itu difungsikan selama sebulan ini. Setiap hari mereka melakukan monitong di Batangtoru dan melapor langsung kepada Dirjen.


Komentar Pembaca
Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds