Pemprovsu Akan Tetap Awasi Aktifitas Pertambangan

Rumah Kaca  RABU, 26 SEPTEMBER 2018 , 17:13:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Pemprovsu Akan Tetap Awasi Aktifitas Pertambangan

Foto/Net

RMOLSumut. Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) memastikan mereka akan tetap mengawasi seluruh aktifitas pertambangan yang ada di Sumatera Utara. Hal ini berkaitan dengan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan yang disinyalir sangat rawan akibat aktifitas pertambangan tersebut.

Kepala Dinas ESDM Sumatera Utara, Zubaidi mengatakan izin perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan berasal dari pemerintah pusat terutama yang sifatnya kontrak karya. Pun demikian, Pemprovsu menurutnya tetap memiliki peran penting dalam pengawasan agar seluruh aktifitas pertambangan tidak melanggar aturan yang ada.

"Kontraknya memang ke pusat, tapi kita sifatnya tetap menerima laporan juga," katanya kepada RMOLSumut.com, Senin (24/9).

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara Binsar Situmorang mengatakan pola pengawasan terhadap seluruh perusahaan pertambangan dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur mulai dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat. Secara khusus di Sumatera Utara koordinasi seperti ini juga dilakukan dimana Badan Lingkungan Hidup (BLH) menjadi salah satu pihak yang dilibatkan.

Sejauh ini menurutnya dari hasil penelitian yang mereka lakukan, sebagian besar kerusakan lingkungan akibat pertambangan didominasi kerusakan oleh tambang-tambang ilegal. Sedangkan pertambangan yang mengantongi izin resmi, mereka masih mengindikasikan tidak ada dampak kerusakan lingkungannya.


Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Perkasa Serahkan Bantuan

Perkasa Serahkan Bantuan

KAMIS, 30 AGUSTUS 2018 , 12:57:00

Menuju Pelantikan

Menuju Pelantikan

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 10:07:00

Dijemput KPK

Dijemput KPK

RABU, 26 SEPTEMBER 2018 , 13:25:00



The ads will close in 10 Seconds