>

Jangan Cuma Guru, Penyuluh Juga Perlu Diangkat Jadi PNS

Politik  KAMIS, 27 SEPTEMBER 2018 , 07:25:00 WIB

Jangan Cuma Guru, Penyuluh Juga Perlu Diangkat Jadi PNS

Foto/net

RMOLSumut.  Pemerintah diharapkan tidak hanya mengangkat guru honorer menjadi PNS dalam rekrutmen tahun ini. Para penyuluh juga perlu. Sebab, mereka juga sudah sangat berjasa, baik dalam meningkatkan produksi pertanian dan perikanan, maupun menjaga kesehatan masyarakat.

"Saya berharap, dalam kebijakan pemerintah pengangkatan PNS, yang diprioritaskan bukan cuma guru. Penyuluh di lapangan juga. Mereka ini sama dengan guru, pahlawan kita. Dengan gaji kecil tapi punya tugas berat dalam menjembatani pemerintah dengan masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Roem Kono di Jakarta, Rabu (26/9).

Penyuluh ada berbagai macam. Ada penyuluh pertanian, penyuluh perikanan, penyuluh kesehatan, dan lainnya. Dari data honorer K2 yang dipegang Roem Kono, total penyuluh itu sekitar 700 ribuan orang. Mereka tidak bisa diangkat menjadi CPNS lantaran usianya sudah melewati 35 tahun.

Atas hal itu, dia meminta pemerintah membuat terobosan. Dia pun menyambut baik langkah pemerintah menyelesaikan polemik tenaga honorer dengan membuat Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang status dan gajinya disamakan PNS. Baginya, terobosan ini merupakan sebuah langkah yang bagus.

"Kami minta para penyuluh tetap ikuti aturan. Tapi, yang jelas, seperti (tenaga honorer) di atas 35 tahun harus bisa diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan honorer tetap sesuai UMR. Jangan lagi nasib mereka dibiarkan menggantung. Nasib mereka terjamin," jelas politisi senior Partai Golkar itu.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds