Sutrisno Pangaribuan: Arogansi Politik Gubernur Penyebab PAPBD 2018 Tak Ada

Politik  SABTU, 06 OKTOBER 2018 , 09:19:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Sutrisno Pangaribuan: Arogansi Politik Gubernur Penyebab PAPBD 2018 Tak Ada

Foto/Net

Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno pangaribuan mengatakan kebuntuan pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2018 disebabkan arogansi politik Gubernur Sumatera Utara. Hal ini disampaikannya menyikapi tidak adanya titik temu antara Pemprovsu dengan DPRD Sumut terkait pengesahan APBD-P tersebut.

Melalui keterangan tertulisnya kepada RMOLSumut.com, Sutrisno menjelaskan bahwa keinginan melakukan Perubahan APBD TA 2018 diawali ketika Gubernur Sumatera Utara mengirim dokumen Kebijakan Umum Anggaran (​KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan TA 2018. Kemudian disahuti oleh Badan Anggaran DPRD melalui rapat, hingga konsultasi bersama ke Kementerian Dalam Negeri bersama TAPD. Kemudian melalui rapat bersama di Kantor Penghubung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Hasil rapat dituangkan dalam dokumen kesepahaman bersama antara Ketua TAPD dan Pimpinan DPRD, dan dibubuhi paraf masing- masing pihak.

Secara prinsip, tahapan pembahasan KUA-PPAS Perubahan telah selesai, lalu kesepahaman tersebut dibawa ke Sidang Paripurna untuk penadatanganan kesepakatan bersama DPRD dan Gubernur.

"Kesepakatan kemudian tidak tercapai, karena dokumen yang dibagikan di sidang paripurna DPRD berbeda dengan dokumen yang telah dibubuhi paraf kesepahaman oleh  Pimpinan DPRD dan dan Ketua TAPD," katanya, Sabtu (6/10).

Politisi PDI Perjuangan yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumut ini menambahkan menyajikan dokumen yang berbeda dengan yang diparaf para pihak sesungguhnya pelecehan terhadap DPRD, dan masuk kategori pelanggaran hukum. Sebab, rapat antara Banggar DPRD dan TAPD merupakan rapat resmi dan memiliki dasar hukum.


Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00