Kongres AGBSI: Bagaimana Kelas Sastra Kita

Oleh: Nurul Lutfia Rochmah

KBKC  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 13:08:00 WIB

Dari kelas sastra, Dr. S Prasetyo Utomo membagi pengalaman mengajari siswanya di kelas untuk memproduksi cerpen dengan cara observasi tema, latar dan tokoh. Metode ini mengajak siswa untuk melakukan defamiliarisasi objek pengamatan.

 Setelah mengamati suatu objek siswa diajak untuk menafsir ulang sejauh yang bisa mereka pahami dan menulisnya dalam bentuk cerpen. Pada saat proses tafsir ulang inilah dilakukan defamiliarisasi. Yang biasa, yang normal, yang otomatis dibuang. Yang dipakai adalah yang khas, yang aneh, yang menyimpang, yang luar biasa. Hasilnya mereka berhasil menulis cerpen dengan tema yang tidak biasa. Dicontohkan tema yang diangkat  tentang seorang perempuan yang ditaksir lelaki.

Layaknya peristiwa percintaan yang sering terjadi, si perempuan menerima atau menolak lelaki tersebut. Namun ternyata, siswi pengarang itu bertahan menyelesaikan cerita dengan tidak menjawab menerima atau menolak.

Pada observasi latar dicontohkan siswa berhasil menafsir ulang objek tembok belakang kelas gelap dan sepi menjadi sebuah kilas masa lalunya yang mengingatkannya pada pertemuan pertama dengan seseorang.

Yang terakhir pada observasi seorang tokoh, siswa pengarang tersebut dapat memotret temannya yang pendiam, aneh dan merasa asing di keramaian, menjadi sosok yang mendapatkan pengagum rahasia, seorang lelaki yang ingin mendekatinya.


Komentar Pembaca
Cincin Untuk Emak

Cincin Untuk Emak

SABTU, 22 DESEMBER 2018

Malu Rasanya...

Malu Rasanya...

KAMIS, 06 DESEMBER 2018

CERMIN

CERMIN

RABU, 05 DESEMBER 2018

KBKC: dari Omong-omomg Akhirnya Move On

KBKC: dari Omong-omomg Akhirnya Move On

SENIN, 26 NOVEMBER 2018

Hari Pahlawan

Hari Pahlawan

SENIN, 12 NOVEMBER 2018

Kampret Dan Cebong Di Wajah Bahasa Kita

Kampret Dan Cebong Di Wajah Bahasa Kita

SELASA, 06 NOVEMBER 2018

Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds