>

NSHE Berkomitmen Perkaya Tanaman Kawasan Batangtoru

Rumah Kaca  SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 16:45:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

NSHE Berkomitmen Perkaya Tanaman Kawasan Batangtoru

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Perusahaan pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru, PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), memenuhi komitmen untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Batang Toru. Penegasan komitmen ini dilakukan dengan melakukan penanaman berbagai jenis pepohonan lokal untuk memperkaya tanaman multifungsi pada koridor satwa kawasan Batangtoru.

Penanaman itu berlangsung  di Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, Senin (15/10). Kegiatan ini dihadiri oleh unsur FKPD Tapanuli Tengah seperti Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (USU) Panusunan Pasaribu, pihak Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, serta unsur muspida dan tokoh masyarakat setempat.

"Penanaman tanaman multifungsi pada koridor satwa di Bulu Mario lansekap Batangtoru ini merupakan bagian dari komitmen kami merawat kelestarian alam. Sebagai pembangkit listrik dengan air sebagai sumber bakunya, PLTA Batangtoru sangat berkepentingan dengan kelestarian alam dan masyarakat," kata Direktur NSHE Sarimudin Siregar.

Disebutkan Sarimudin, pengayaan tanaman multifungsi sesuai karakteristik flora lansekap Batangtoru diharapkan meningkatkan suplai sumber pakan secara alami untuk kebutuhan satwa liar di kawasan tersebut. Kegiatan ini akan berlangsung secara berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat setempat secara aktif dan pemangku kepentingan lainnya sesuai arahan pemerintah.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Wiratno mengungkapkan, pihaknya sudah meminta agar NSHE melakukan penanaman pohon-pohon penghasil pakan bagi orangutan.

Wiratno menegaskan, KLHK memiliki pehatian penuh untuk memastikan kelestarian orangutan yang ada di bentang alam Batangtoru. Salah satu caranya adalah memastikan ketersediaan pakan bagi orangutan. "Pergerakan orangutan ini tergantung pakannya," sebutnya.

Komentar Pembaca
Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00



The ads will close in 10 Seconds