>

PKPA: Ujaran Kebencian Perlu Disikapi Termasuk Lewat Film

Ragam  MINGGU, 21 OKTOBER 2018 , 13:04:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

PKPA: Ujaran Kebencian Perlu Disikapi Termasuk Lewat Film

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Perkembangan teknologi dan kecanggihan integrasi jaringan telah menjadikan internet sebagai bagian penting kehidupan masyarakat. Direktur Eksekutif PKPA, Keumala Dewi, pada sambutan pembukaan Penganugerahan Festival Film Anak (FFA) dan Festival Teater Anak (FTA) tahun 2018 di Hotel Garuda, Medan, menyampaikan bahwa pengguna internet di Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat, bahkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar di dunia. Hanya sekitar 88,1 juta tahun 2016, maka tahun 2017 jumlahnya naik 51 persen, menjadi 132,7 juta pengguna internet.
"Ujaran kebencian juga meningkat. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan sepanjang tahun 2017 ada 13.829 konten negatif berupa ujaran kebencian yang marak di media sosial. Pertimbangan itulah menjadi dasar bagi PKPA untuk mengangkat tema merawat keberagaman melalui media sosial. Kemeriahan ini juga menjadi bagian ulang tahun Yayasan PKPA ke 22," ujarnya.

Sekretaris Daerah Sumatera Utara, Hj Sabrina pada sambutan sekaligus pembukaan kegiatan yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sumatera Utara, Nurlela, selain mengapreasiasi konsistensi PKPA yang telah 12 tahun rutin melaksanakan festival film dan teater anak sebagai bagian kampanye perlindungan anak.

"Kedua festival ini sangat merangsang anak untuk berfikir kreatif dan film merupakan media hiburan yang edukatif yang diterima semua kalangan saat ini. Film dapat menumbuhkan minat dan potensi anak sehingga mereka dapat berolah pikir dan olah fisik," ujar Sekda.[rgu]


Komentar Pembaca
Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds