Bawaslu Sumut: Ujaran Kebencian Masuk Kerawanan Pemilu 2019

Politik  SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 11:03:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Bawaslu Sumut: Ujaran Kebencian Masuk Kerawanan Pemilu 2019

Suhedi Sukendar Situmorang/RMOLSumut

RMOLSumut. Anggota Bawaslu Sumatera Utara, Suhadi Sukendar Situmorang mengatakan ujaran kebencian masuk menjadi salah satu faktor kerawanan jelang Pemilu 2019. Hal ini disampaikannya dalam sosialisasi pengawasan pemilu 2019 kepada kalangan mahasiswa, ormas dan jurnalis di Medan, Senin (29/10).

"Titik kerawanan tidak hanya menyangkut tempat, ujaran kebencian juga masuk dalam bingkai kerawanan," katanya.

Suhadi menjelaskan, berbeda dengan penanganan pada kerawanan yang menyangkut tempat yang dapat diatasi dengan penempatan personil keamanan. Persoalan kerawanan akibat ujaran kebencian memiliki persoalan yang lebih kompleks sebab hal ini terjadi dengan mudah dan tidak terfokus pada lokasi tertentu, sebab biasanya dilakukan melalui media sosial. Oleh karenanya, Bawaslu Sumut berharap pencegahan ujaran kebencian untuk menjadi sebuah kerawanan harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kami sendiri tidak sanggup, karena keterbatasan sumber daya manusia di Bawaslu. Pencegahannya harus secara massif kita lakukan, masyarakat seluruhnya harus terlibat untuk mencegah ujaran kebencian," ujarnya.

Bawaslu Sumut saat ini menurut Suhadi terus berupaya mencegah munculnya ujaran kebencian. Salah satunya yakni dengan menggalakkan imbauan untuk tidak menyebar ujaran kebencian lewat media sosial dan juga dengan bersosialisasi ke sekolah-sekolah.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds