Chappy Hakim: Indisiplin Penyebab Utama Kecelakaan Penerbangan

Peristiwa  SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 09:56:00 WIB

Chappy Hakim: Indisiplin Penyebab Utama Kecelakaan Penerbangan
RMOLSumut.  Ketidakpatuhan atau indisiplin menjadi salah satu penyebab kecelakaan pesawat. Baik itu disiplin internal maskapai penerbangan dan disiplin pengawasan yang dilakukan pemerintah.

Pengamat penerbangan, Chappy Hakim mengatakan, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan penerbangan di Tanah Air.

Pertama, disiplin diri yang tinggi (internal maskapai). Disiplin diri yang tinggi dijelaskannya bisa membuat semua masalah penerbangan bisa diatasi.

"Sebenarnya refleksi disiplin pelaku penerbangan itu mudah. Pesawat on time, akibat dari banyaknya penumpang. Kita sering juga dengar dari media, kadang-kadang delay itu terkadang chaos, dan kemudian petugasnya kabur," sebut Chappy dalam diskusi bertajuk "Awan Hitam Penerbangan Kita" di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11).

Faktor kedua, pengawasan penerbangan yang dilakukan oleh regulator, dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Pengawasan penerbangan yang ketat akan mampu membuat sebuah maskapai untuk memperketat pengawasan penerbangan di internal.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds