Parlindungan Purba Fasilitas Pemulangan 5 Nelayan Langkat Dari Malaysia

Peristiwa  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 13:19:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Parlindungan Purba Fasilitas Pemulangan 5 Nelayan Langkat Dari Malaysia

Parlindungan Purba/RMOLSumut

RMOLSumut. Anggota DPD RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba kembali ikut andil dalam pemulangan nelayan Indonesia yang ditangkap oleh pihak keamanan laut Malaysia dengan tuduhan melanggar lintas batas perairan. Lima orang nelayan yang berhasil dipulangkan hari ini yakni Yusuf Ismail, Riduan Nazri, Musahirin Armansyah, Saparudin Juriansyah dan Rusli Imam, seluruhnya berasal dari Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat.

"Mereka sudah mendarat di Bandara Internasional Kuala Namu. Saya menjemput mereka disini," kata Parlindungan Purba kepada RMOLSumut.com, sesaat lalu, Kamis (8/11).

Parlindungan menjelaskan para nelayan ini menjalani penahanan di Malaysia sejak Maret 2018 lalu dengan tuduhan melanggar batas perairan. Namun mereka sudah selesai menjalani masa tahanan dan bebas sejak 26 September 2018 lalu. Akan tetapi mereka karena tidak ada kontak, mereka akhirnya tinggal di depo penampungan di Johor.

"Minggu lalu saya ke Langkat, disana keluarga dari para nelayan ini mengadu nggak tau keberadaan mereka padahal sudah menghabiskan masa tahanan. Akhirnya saya berkoordinasi dengan pihak KKP dan Kemenlu, akhirnya keberadaan mereka diketahui dan difasilitasi pemulangannya," ujarnya.

Saat ini menurut Parlindungan, masih terdapat 5 orang nelayan asal Langkat yang baru-baru ini ditangkap oleh pihak Malaysia karena tuduhan yang sama. Pihaknya sendiri masih berupaya untuk bernegosiasi untuk segera memulangkan mereka. Terlepas dari itu, ia mendorong agar Pemerintah Indonesia terus memberikan sosialisasi kepada para nelayan mengenai batas perairan. Pemerintah juga diminta untuk memfasilitasi mereka dengan peralatan Global Positioning System (GPS), sehingga tidak memasuki wilayah perairan negara lain.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds