YEL Desak PLTA Tampur Dihentikan

Rumah Kaca  JUM'AT, 09 NOVEMBER 2018 , 14:12:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

YEL Desak PLTA Tampur Dihentikan

Foto/Net

RMOLSumut. Kalangan aktivis lingkungan terus mendesak penghentian pembangunan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tampur di Kabupaten Aceh Tamiang, Gayo Lues, dan Aceh Timur, Provinsi Aceh. Proyek yang berada di dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) itu akan merusak habitat gajah Sumatera, mengancam kelangsungan hidup dan mata pencarian penduduk yang hidup di hilir sungai Tamiang.

Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) yang berbasis di Medan, salah satu lembaga yang kerap menyampaikan desakan kepada pemerintah untuk mengambil langkah tegas. Analis Perlindungan Bentang Alam YEL, Riswan Zein menyatakan, proyek PLTA Tampur akan membuka akses ke kawasan hutan primer sehingga menimbulkan aktivitas pembukaan hutan dan perburuan. Kondisi tersebut akan menurunkan keutuhan fungsi lindung dari KEL.

Merujuk pada dokumen Analisis Mengenal Dampak Lingkungan (Amdal), luas genangan pembangkit listrik itu diperkirakan mencapai 4.090 Ha. Untuk memenuhi genangan seluas area tersebut membutuhkan waktu hingga satu tahun, Selama kurun itu, desa-desa yang berada di hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang akan mengalami kekeringan. Biota-biota sungai juga akan terganggu.

"Yang akan terkena impact itu sekitar 90 desa," kata Riswan kepada wartawan di Medan, Jumat (9/11).

Masalah lainnya lagi, kata Riswan, lembah Sungai Lesten yang akan digenangi waduk merupakan koridor jelajah yang sangat penting untuk populasi gajah Sumatera. Koridor tersebut, yang menghubungkan selatan dan utara, akan putus total karena topografi yang sangat terjal. Hal ini akan mendorong populasi binatang langka ini ke arah kepunahan.


Komentar Pembaca
Politisi PDIP: Tim Kami Over Acting!

Politisi PDIP: Tim Kami Over Acting!

SELASA, 18 DESEMBER 2018 , 15:00:00

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds