Bertemu Delegasi komisi XI DPR RI, Ini Yang Disampaikan Mahasiswa Indonesia Di Moscow

Pendidikan  KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 12:43:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Bertemu Delegasi komisi XI DPR RI, Ini Yang Disampaikan Mahasiswa Indonesia Di Moscow

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Perhimpunan mahasiswa Indonesia di Kota Moscow bertemu dan diskusi langsung dengan Delegasi Komisi XI DPR RI terkait aspirasi mahasiswa di Wisma Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Kuliah di luar negeri merupakan sebuah impian banyak anak bangsa. Bagaimana tidak? Bisa menimba ilmu di negeri orang setelah melewati proses seleksi yang sangat ketat dan persaingan yang kompetitif untuk diterima di salah satu kampus negara tujuan merupakan suatu kelebihan untuk berkuliah di luar negeri. Terlebih, bila bisa berkuliah diluar dengan beasiswa.

Salah satu yang memberikan beasiswa untuk negara Indonesia adalah Pemerintah Federal Rusia. Program beasiswa dari pemerintah Rusia merupakan program tahunan yang diberikan kepada 15.000 mahasiswa asing oleh pemerintah Rusia yang diberikan kepada negara-negara lain termasuk Indonesia. Program beasiswa dibuka untuk jenjang S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), Spesialisasi (5 tahun) dan didahului dengan program bahasa Rusia di Fakultas Persiapan selama 1 tahun (gratis bagian dari program beasiswa).

Sudah sejak tahun 1995, Indonesia selalu mengirimkan mahasiswanya melalui program ini. Namun, bentuk program beasiwa ini hanya partial scholarship karena hanya meliputi pembiayaan kuliah saja. Selebihnya, seperti biaya hidup, asrama dan lainya, termasuk biaya asuransi dan penerbangan ditanggung sendiri oleh peserta. Maka dari itu, peserta tersebut sangatlah membutuhkan tambahan beasiswa dari pihak lain termasuk pemerintah yang dalam ini diwakili oleh LPDP.   

Pada Pukul 19.00 Waktu Moskow hampir setengah dari keseluruhan mahasiswa Indonesia yang berada di kota Moskow menghadiri pertemuan di Wisma Duta Besar Republik Indonesia dalam rangka diskusi dan ramah tamah dengan Delegasi Komisi XI DPD RI.

Dalam hal ini, mahasiswa Indonesia di Rusia melalui Ketua Permira Moskow yaitu Ade Irma Elvira yang merupakan mahasiswa S3 di Russian State Agrarian University - Moscow Timiryazev Agricultural Academy (RSAU-MTAA) jurusan lingkungan, spesialisasi Ilmu biologi menyampaikan kesahan hati mahasiswa yang hidup di negara adidaya yang sangat extrim akan musim dinginnya dan memperoleh beasiswa yang sangat minim.


Komentar Pembaca
Tokoh Melayu Riau: Jokowi Tak Pantas Dapat Gelar Adat
Politisi PDIP: Tim Kami Over Acting!

Politisi PDIP: Tim Kami Over Acting!

SELASA, 18 DESEMBER 2018 , 15:00:00

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds