PKPA Kembangkan Pendekatan Self Help Group (SHG) Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Peristiwa  JUM'AT, 07 DESEMBER 2018 , 11:10:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

PKPA Kembangkan Pendekatan Self Help Group (SHG) Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan PKPA. Hal ini merupakan bagian dari upaya PKPA dalam memenuhi hak-hak anak. Pemberdayaan masyarakat tersebut dikembangkan dengan pendekatan Self-Help Group (SHG). Ada pun pendekatan Self-Help Group (SHG) adalah program pemberdayaan masyarakat dengan membangun kelompok perempuan untuk diberikan penguatan dan pelatihan-pelatihan terkait pengembangan aspek ekonomi, sosial dan pengambilan keputusan di lingkup keluarga dan komunitas.

Hal inilah yang mengawali keputusan PKPA untuk menggelar pertemuan dengan berbagai lembaga yang telah terlebih dahulu melakukan aktivitas pemberdayaan masyarakat dengan berbagai pendekatan yang berbeda. Pertemuan tersebut diberi tajuk Berbagi Pengalaman Baik dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan, dilaksanakan di hotel Saka, jalan Gagak Hitam, Medan (4/12).

Pertemuan dan diskusi tersebut dihadiri oleh perwakilan Bitra Indonesia, Gugah Nurani Indonesia (GNI), Pesada, Yafsi, Solidaritas Generasi Gemerlang dan SOS.
Pada pertemuan tersebut, tiap-tiap perwakilan lembaga menyampaikan pengalaman mereka selama melakukan pendampingan untuk pemberdayaan masyarakat.

"Kami menggunakan konsep kesejahteraan menggunakan penguatan ekonomi, karena salah satu hal yang menjadi alasan perempuan memperoleh kekerasan baik di rumah maupun di masyarakat karena tidak memiliki kondisi keuangan yang stabil. Kami berharap, nantinya para perempuan yang telah teredukasi akan memiliki kemandirian untuk mengutarakan kemauan dan kebutuhannya secara sosial dan politik," Papar Ramida Sinaga perwakilan dari Pesada.

Hal senada juga disampaikan oleh Senti dari Solidaritas Generasi Cemerlang (SGC), beliau memaparkan bahwa SGC awalnya juga berangkat dari keresahan masyarakat yang mayoritas adalah perempuan yang memperoleh kekerasan baik fisik maupun psikis di rumah maupun di masyarakat.

Komentar Pembaca
Politisi PDIP: Tim Kami Over Acting!

Politisi PDIP: Tim Kami Over Acting!

SELASA, 18 DESEMBER 2018 , 15:00:00

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds