>

LAPK Sumut: Jaringan Data Telkomsel Padam Memenuhi Kriteria Jadi Materi Gugatan

Peristiwa  SABTU, 08 DESEMBER 2018 , 09:14:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

LAPK Sumut: Jaringan Data Telkomsel Padam Memenuhi Kriteria Jadi Materi Gugatan

Telkomsel/Net

RMOLSumut. Kasus padamnya jaringan data seluler Telkomsel yang terjadi pada Kamis (6/12) kemarin sangat memenuhi unsur untuk menjadi materi gugatan. Hal ini disampaikan Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumatera Utara, Padian Adi Siregar yang menyebutkan kasus tersebut sebagai bentuk kegagalan perusahaan memenuhi hak pelanggan.

"Konsumen itu hak dasarnya harus memperoleh kenyamanan, atau menjamin ketersediaan mendapatkan kualitas pelayanan yang baik. itu menjadi alasan bahwa konsumen dapat menuntut kerugian. bahwa karena Telkomsel itu adalah perusahaan menjual data,  menjamin ketersediaan keberlangsungan jaringan data, maka ketika dia gagal memenuhi standart pelayanan terkait jaringan data itu maka dia harus mengganti rugi," katanya.

Padian menjelaskan dalam logika pertanggungjawaban pihak perusahaan dapat melakukannya dalam bentuk ganti rugi akibat kerugian materil yang diakibatkanya. Dalam kasus tertentu seperti kerugian usaha juga dapat menjadi dasar untuk mengajukan gugatan oleh orang per orang dari kalangan konsumen selaku pihak yang dirugikan.

"Ketika kerugian tersebut dapat dikonversi menjadi angka kerugian, itu memenuhi unsur untuk menjadi materi gugatan yang harus diganti rugi oleh Telkomsel," ujarnya.

Namun Padian menegaskan, bahwa gugatan yang dilakukan terhadap Telkomsel sepenuhnya masuk dalam kategori gugatan umum atau yang dilakukan orang per orang. Sedangkan untuk gugatan Class Action hal tersebut menurutnya tidak mungkin dilakukan.


Komentar Pembaca
Ribuan Santri Demo Fadli Zon

Ribuan Santri Demo Fadli Zon

JUM'AT, 08 FEBRUARI 2019 , 18:45:00

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 09:33:00

Berastagi Scouting Challenges

Berastagi Scouting Challenges

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 10:13:00



The ads will close in 10 Seconds