Gali Potensi Wisata Danau Toba Lewat 'Menggali Narasi Toba'

Budaya  JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:51:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Gali Potensi Wisata Danau Toba Lewat 'Menggali Narasi Toba'

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Peningkatan kepariwisataan di Danau Toba harus dilakukan dengan menggali berbagai potensi yang ada. Salah satunya yakni terkait berbagai potensi budaya yang berpotensi dijadikan sebagai sarana untuk mendongkar minat wisata berkunjung ke danau terbesar di Indonesia tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Jurnalis Pariwisata (Forlipas) Prayugo Utomo dalam sambutannya pada diskusi 'Menggali Narasi Toba' di Hotel Grand Aston, Kamis (13/12).

"Forlispar Danau Toba perlu terlibat untuk kembali menggali narasi-narasi kebudayaan di Toba untuk kembali dikemas dan disampaikan kepada masyarakat dunia. Upaya pelibatan itu ingin kami wujudkan dalam pelaksanaan sebuah seminar yang diberi tajuk Menggali Narasi Toba," katanya.

Sementara itu ketua panitia Wahyudi Aulia mengatakan pengemasan kembali narasi-narasi Toba juga akan membuat pembangunan pariwisata di Danau Toba lebih berwawasan lokal. Diharapkan mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat sekitar Danau Toba dalam mengembangkan kepariwisataan di danau terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Kita tahu lokasi-lokasi wisata alam yang menjadi andalan Danau Toba mulai direvitalisasi. Upaya menghadirkan program-program wisata sebagai destinasi baru juga terus digiatkan. Kendati demikian, upaya merevitalisasi destinasi wisata secara fisik itu belum linier dengan pengembangan destinasi kebudayaan, yang sesungguhnya juga memiliki nilai pariwisata tinggi," ujarnya.
 Pada kesempatan yang sama, Direktur Umum Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo menuturkan banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, salah satunya dengan menampilkan atraksi budaya dan pemandangan dari danau vulkanik tersebut.

Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds