>

Walhi Sumut Tantang PT NSHE Teken Surat Jaminan Dam PLTA Batangtoru Aman Gempa

Peristiwa  RABU, 19 DESEMBER 2018 , 13:16:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Walhi Sumut Tantang PT NSHE Teken Surat Jaminan Dam PLTA Batangtoru Aman Gempa

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara menantang pihak PT North Sumatera Hydro Energi (NSHE) untuk membuat surat pernyataan diatas materai yang isinya memastikan bendungan atau dam yang akan dibangun di Batangtoru tidak akan mengalami kerusakan akibat gempa. Tantangan ini diutarakan langsung oleh Direktur Eksekutif Walhi Sumut, Dana Tarigan terkait kesimpulan yang disampaikan tim ahli PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), Didiek Djawadi mengatakan dam tersebut dibangun dengan rancangan yang tidak akan hancur oleh gempa dalam  diskusi "Dinamika Tektonik & Potensi Bahaya Gempa Segmen Toru, Khususnya PLTA Batang Toru" di Hotel Grandika, Medan, Senin, 17 Desember 2018 lalu.

"Kalau mereka mengatakan dam tersebut tidak akan hancur oleh gempa. Ayo dibuat surat pernyataan siapa yang akan bertanggungjawab ketika suatu saat ada gempat ternyata bangunan tersebut rusak," katanya, Rabu (19/12).

Dana mengatakan, klaim bangunan dam tidak akan hancur oleh gempa merupakan pernyataan yang sangat tidak logis dan hanya terkesan untuk mengelabui masyarakat. Sebab, faktanya dam-dam yang juga dibangun dengan klaim seperti itu di luar negeri sudah banyak yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi seperti yang terjadi di China. Dana meminta agar PT NSHE transparan saja soal potensi bencana yang akan dialami oleh masyarakat pada desa-desa dibawah dam tersebut jika dam tersebut rusak atau jebol oleh gempa.

"Saya rasa informasi mengenai dampak ini yang juga harus disampaikan. Masyarakat yang berpotensi menjadi korban harus tau, sehingga mereka dapat melakukan langkah-langkah antisipasi sejak awal," ujarnya.

Walhi Sumut kata Dana, sangat miris dengan sikap tidak transparan yang dilakukan oleh PT NSHE melalui tenaga-tenaga ahli mereka terkait besarnya dampak yang dapat dialami oleh masyarakat akibat pembangunan dam yang letaknya berada pada jalur sesar gempa tersebut. Hal ini semakin parah karena pemerintah selaku pihak yang memiliki tanggungjawab besar terhadap keselamatan warganya juga seolah tidak peduli dan justru mendukung proyek tersebut dengan alasan bisnis.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds