Kotak Kardus vs Otak Kardus

Catatan Redaksi

Jon Show  RABU, 19 DESEMBER 2018 , 14:16:00 WIB

Kotak Kardus vs Otak Kardus

Kotak Kardus KPU Diduduki/Net

SEMAKIN riuh saja pembicaraan soal kotak suara pemilu yang berbahan kardus. Semakin hari, semakin ramai saja hiruk-pikuknya baik di media sosial hingga media massa. Ada yang mengulas kekuatan kardusnya, ada yang mengulas ketahanananya terhadap air, dan ada juga yang sepertinya balik lagi ke belakang yakni menyayangkan kenapa justru kotak kardus yang disepakati untuk logistik.

Pada akhirnya muncullah kesimpulan masing-masing soal aman atau tidaknya sang Kotak Kardus untuk dijadikan sebagai salah satu logistik utama pada kontestasi politik sekelas Pemilu Serentah 2019.

Saya tentu tidak akan mengulas soal kekuatan dan ketahanan dari kardus itu sendiri. Karena sudah jelas, kekuatannya tak seberapa, begitu juga ketahanannya. Yang menarik bagi saya justru membahas hal lain yang saya sebut dengan istilah Otak Kardus.

Ada atau tidak hubungan antara Kotak Kardus dengan Otak Kardus juga menjadi hak bagi siapa saja untuk menyimpulkan, karena saya juga tidak dapat memaksakan penjelasan soal hubungan keduanya. Tapi kira-kira benang merahnya begini.

Kotak Kardus akan menjadi masalah jika cara memandang dan mengulasnya dengan Otak Kardus. Kardus yang tak seberapa kekuatan dan ketahanannya itu akan tetap dengan kesimpulan itu karena pada hakikatnya memang begitulah sifatnya. Tapi, kardus yang tak seberapa kekuatan dan ketahanannya itu akan sangat kuat ketika orang-orang sama sekali tidak melihatnya sebagai sasaran untuk 'dihabisi'. Istilahnya kotak baja sekalipun kalo memang diniatkan merusaknya, ya tetap rusak.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds