>

Turbulensi Media Arus Utama Dalam Arus Politik

Oleh Eddy Iriawan

OPINI  JUM'AT, 21 DESEMBER 2018 , 11:57:00 WIB

Turbulensi Media Arus Utama Dalam Arus Politik

Eddy Iriawan/RMOLSumut

GONJANG-ganjing dinamika polilik menjelang periode pesta demokrasi Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019 saat ini, tanpa terasa membawa hipotesis jauh sebelum masa kampanye saat ini akan adanya polarisasi dalam masyarakat, nyata adanya.

Bahkan konflik' antar masyarakat maupun perang wacana dan isu yang terkadang lebih didominasi isu-isu jauh atau bahkan tanpa nilai substansial diantara para elit yang sedang euforia memperebutkan jabatan publik sebagai legislator semakin mengkristal dalam peta pertarungan antara pendukung dalam arena kontestasi Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres).

Bukan hanya domain masyarakat dalam framing di media sosial yang sangat mudah dilihat,atau pun para elit politik negeri ini saja yang semakin riuh menabuh genderang saling sindir, saling menghina atau menghujat sekalipun. Namun diyakini secara sadar media, khsusunya media mainstreame (arus bawah) ikut terseret arus dalam area politik praktis saat ini.

Independensi pers sebagai pilar keempat demokrasi (the fourth estate)-semakin tergerus kepentingan politik praktis yang tidak bisa dihindari para pananggung jawab news room. Sistem politik yang seakan memberi ruang sebebas-bebasnya bagi siapapun, termasuk lembaga yang diyakini sebagai ‘penjaga moral dan keadilan’ di masyarakat yakni pers, ternyata tak immune digerogoti oleh kepentingan-kepentingan politik.

Kooptasi atas nama kepentingan penguasa, pengusaha, arsiran ideologi politik pemilik modal hingga kepentingan bisnis yang diperoleh dari penerapan 'embedded journalism' saat ini diyakini menjadi katalisator banyaknya pertanyaan banyak pihak, apakah media arus bawah saat ini sungguh semakin menjauhi prinsip-prinsip independensi dalam seluruh kebijakan redaksionalnya yang tercermin dari produk-produk jurnalisme yang dikonsumsi masyarakat?


Komentar Pembaca
Ribuan Santri Demo Fadli Zon

Ribuan Santri Demo Fadli Zon

JUM'AT, 08 FEBRUARI 2019 , 18:45:00

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 09:33:00

Berastagi Scouting Challenges

Berastagi Scouting Challenges

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 10:13:00



The ads will close in 10 Seconds