Napi Dan Penghuni Lapas Terancam Tidak Mencoblos Di Sumut

Politik  RABU, 09 JANUARI 2019 , 07:45:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Napi Dan Penghuni Lapas Terancam Tidak Mencoblos Di Sumut

Herdensi Adnin/Net

RMOLSumut. Hingga saat ini hak para penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) untuk dapat mencoblos pada Pemilu 2019 masih belum terjamin. Persoalannya yakni proses perekaman data kependudukan mereka hingga saat ini belum rampung secara total.

Komisioner KPU Sumatera Utara Herdensi Adnin mengatakan dari 39 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lapas dan rutan yang tersebar pada 24 Kabupaten/kota di Sumatera Utara masih 4 daerah yang sudah selesai melakukan perekaman data kependudukan penghuni lapas dan rutan untuk memperoleh Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Selebihnya hingga saat ini belum melakukan perekaman data pemilih. Padahal itu menjadi syarat agar mereka masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)," katanya, Rabu (9/1/2019).

Herdensi mengatakan data penghuni lapas dan rutan yang memenuhi syarat untuk menjadi pemilih pada pemilu 2019 sudah mereka serahkan seluruhnya kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk diproses data kependudukannya. Namun hingga saat ini mereka mengaku belum mengetahui persoalan yang membuat proses perekaman data kependudukan penghuni lapas dan rutan tersebut menjadi sangat lambat.

"Hingga saat ini kita hanya bisa menunggu, karena kewenangan untuk melakukan rekam data tersebut," ujarnya.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds