Soal Isu Tsunami

BMKG: Hasil Analisis Tidak Ada Gejala Tsunami Di Tapanuli Tengah Dan Sibolga

Peristiwa  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 11:47:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

BMKG: Hasil Analisis Tidak Ada Gejala Tsunami Di Tapanuli Tengah Dan Sibolga

Foto/Net

RMOLSumut. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) langsung merespon munculnya isu tsunami di daerah Tapanuli Tengah pada Kamis (10/1/2019) dini hari tadi. Beberapa langkah yang mereka lakukan yakni melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor terdekat dimana hasilnya tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya.

"Hasil pengamatan stasiun pasang surut (tide gauge) di wilayah Sumatera Utara, (Sibolga, Gunung Sitoli, Lahewa, Teluk Dalam, Pulau Tello, dan Tanabala) tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan (hanya gejala normal pasang surut harian)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu kata Rahmat pihak BMKG Pinangsori, Sibolga dan BMKG Nias juga langsung melakukan pengamatan lapangan dimana juga tidakd idapatkan adanya gejala peristiwa tsunami. Atas kondisi ini mereka mengimabu masyarakat agar tidak mempercayai isu tsunami yang berkembang dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

"Tetap waspada dan selalu pantau informasi resmi yang bersumber dari BMKG. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Rahmat menyebutkan informasi resmi dari BMKG senantiasa dapat diakses melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).[rgu]


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds