>

Demokrasi 'Penyidik' (tak) Mendidik

Oleh Eddy Iriawan

OPINI  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 11:31:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Demokrasi 'Penyidik' (tak) Mendidik

Eddy Iriawan/RMOLSumut

Konstalasi politik yang mengalami tensi yang terus meningkat mendekat 17 April mendatang, dirasakan begitu 'memaksa' rakyat untuk ikut merasakan atmosfer yang sedang berlangsung saat ini. Berbagai dinamika politik yang didominasi isu-isu strategis menyangkut kontestasi Pilpres diakui atau tidak tidak lebih 'seksi' dibandingkan dialektika seputar Pileg apalagi kontestasi senator (DPD).

Pertarungan 'semu' yang seyogianya hanya melibatkan unsur-unsur demokrasi seperti partai politik dan aktor-aktornya, kini malah sudah melibatkan rakyat dengan saling membangun emosional publik yang difasilitasi oleh media-media massa mainstreame dan jauh lebih bebas yang terkadang tanpa aturan etika di sosial media.

Tapi sebagai masyarakat yang mulai 'melek' pemanfaatan teknologi informasi, (information society) untuk mendapat advantage dalam interaksi sosialnya, sebagai sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Apalagi bagi mereka-mereka yang punya ‘afiliasi’ dalam politik praktis baik secara langsung atau tidak.

Pertarungan opini dan simbol-simbol politik yang terkadang tidak sejalan dengan filosofi politik” diantara kekuatan politik, yang sedang menapaki mencapai tujuan akhir politik bernama kekuasaan, ironisnya kini mulai bergeser dari budaya dialektika menjadi budaya 'saling lapor'.

Membangun budaya demokrasi sejatinya pemahamannya tidak bisa terlepas dari pembangunan politik yang memang mengandung cakupan variabel governance dan penegakan hukum (rule of law). Peran pemerintah cukup sentral dalam menciptakan 'kondusifitas demokrasi' yang sedang dibangun dan berproses saat ini.

Betul adanya dalam menciptakan pemerintahan yang demokrasi di bawah rule of law menuntun adanya jaminan hak-hak individu berikut bagaimana proseduran formal yang bisa dilakukan warga negara untuk memperoleh perlindungan atas hak-haknya. Konsepsi itu sudah disepakati dan resiprokal oleh seluruh elemen warga negara.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds