JPPR Sumut: Reses Anggota DPRD Sumut Rawan Pelanggaran Kampanye

Politik  SELASA, 15 JANUARI 2019 , 19:25:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

JPPR Sumut: Reses Anggota DPRD Sumut Rawan Pelanggaran Kampanye

Ilustrasi/Net

Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Sumatera Utara Darwin Sipahutar menyoroti banyaknya anggota DPRD Sumut yang mencalonkan kembali menjadi legislator pada pemilu 2019 dinilai lebih memilih untuk berkampanye dibanding menyerap aspirasi masyarakat saat reses. Hal ini sangat dimungkinkan menjadi bentuk pelanggaran kampanye dikarenakan masa kampanye pemilu 2019 yang bersamaan dengan agenda reses tersebut.

"Jika ini yang dilakukan oleh anggota DPRD petahana yang mencalonkan diri kembali maka ini termasuk pelanggaran dan tindak pidana pemilu," katanya.

Karena itu menurutnya, Bawaslu harus mengawasi masa reses anggota DPRD Sumut yang dimulai 15 - 22 Januari 2019. Jika kemudian dalam reses tersebut menawarkan diri untuk didukung dan pilih kembali pada pemilu mendatang juga termasuk pelanggaran kampanye, maka harus dapat dibedakan antara masa reses dengan masa kampanye.

"Reses itukan menyerap aspirasi di dapil masing-masing-masing yang hasilnya akan dilaporkan dalam rapat paripurna untuk diteruskan ke pemerintah daerah dalam bentuk pokok-pokok pikiran anggota DPRD Sumut sebagai bagian dalam perencanaan pembangunan, bukan malah berkampanye," sebutnya.

Ditambahkannya, undang-undang Pasal 280 Ayat 1 Huruf (h) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyatakan, pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan. Pelanggaran terhadap ketentuan itu dianggap tindak pidana pemilu, sementara Pasal 304 UU Pemilu juga mengatur, dalam melaksanakan kampanye, presiden-wakil presiden, pejabat negara, dan pejabat daerah, dilarang menggunakan fasilitas negara.


Komentar Pembaca
Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00