HPN 2019

Framing Kebanggaan Berbangsa Yang Independen

Oleh Eddy Iriawan

OPINI  SABTU, 09 FEBRUARI 2019 , 00:11:00 WIB

Framing Kebanggaan Berbangsa Yang Independen

Hari Pers Nasional/Net

Peringatan Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari hingga kini masih menjadi perbedaan pandangan diantara sesama organisasi profesi jurnalis. . Namun setidaknya bagi sebagian besar organisasi, selain organisasi profesi, ososiasi-asosiasi yang yang masuk dalam domain media pers, masih menjadikan tanggal ini sebagai hari besar bagi pers.

Apalagi landasan legalpemilihan tanggal ini Hari Pers dikuatkan dengan adanya Keppres No.5/1985. Namun sejatinya, perdebatan tanggal ini bukan menjadi hal krusial yang mesti saban tahun dipersoalkan. Masih banyak problematika yang dihadapi pers yang saat ini menghadapi berbagai tantangan, baik internal maupun eksternal.

Penetrasi dari media sosial (soial media) di tengah-tengah masyarakat saat ini, perlahan tapi pasti ikut menggerus ‘target market’ pers arus bawah maupun media pers digital.Traffic informasi saling berseliweran tanpa bisa dihentikan dengan volume tak terbatas, seakan ikut men-‘delegitimasi’ mediamainstreameyang terkesan abai akan hal ini.

Perebutan ‘market share’ yang begitu dahsyat tersebut, merupakan salah satu tantangan yang mau tak mau merupakan sebuah realitas yang tidak bisa terhindarkan. Sebagai media pers, seyogianya dapat mencari formulasi untuk tetap mempertahankan eksisten media yang telah memiliki sejarah panjang dan memiliki prinsip-prinsip jurnalisme yang ketat.

Namun tak jarang, media pers saat ini malah mencoba melakukan bunuh diri” massal dengan memposisikan diri sebagai pengikut media sosial yang tidak memiliki kaedah-kaedah ketat, seperti fakta, verifikasi dan pertangungjawaban redaksi yang begitu jelas.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds